Khofifah Perkuat Perdagangan Jatim-Aceh

Khofifah Perkuat Perdagangan Jatim-Aceh

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bertemu dengan warga Jatim di Aceh, 25 Oktober 2022.-Pemprov Jatim-

ACEH, HARIAN DISWAY - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi masyarakat kelahiran Jatim di Nanggroe Aceh Darussalam. Itu dilakukan untuk menguatkan misi dagang dan investasi Jatim di sana. Sebagian besar masyarakat Jatim di sana adalah pelaku usaha. 

"Sebetulnya ini adalah two-way traffic program, melibatkan kedua provinsi sama-sama proaktif," Kata Khofifah, Selasa 25 Oktober 2022.

Saat ini, Jatim telah menggelar misi dagang ke 27 provinsi di Indonesia. Selama delapan jam misi dagang itu dilakukan di Aceh, tercatat ada 33 transaksi. Nominalnya pun sangat luar biasa. Mencapai Rp 197 miliar.

"Berdasarkan data BPS, 2021 tercatat total Rp 34,12 miliar. Alhamdulillah, hari ini (25 Oktober, Red) transaksinya sangat besar. Melampaui angka di 2021," ujar Khofifah. 

Angka penjualan itu, terdiri dari nilai muat atau penjualan Jatim atas Aceh sebesar Rp 161,8 miliar.  Beberapa komoditas yang disuplai Jatim untuk Aceh antara lain bahan bangunan, rokok, tekstil, bahan baku kulit, kerja sama pengelolaan kawasan industri serta alat kesehatan. 

Sementara nilai bongkar atau pembelian Jatim atas Aceh mencapai Rp 35,1 miliar. Itu untuk beberapa komoditas. Antara lain udang vaname, kopra, kas kas, seta kepiting soka. (Michael Fredy Yacob)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: