Angkat Batik Suroboyo di Karnaval Tunjungan

  Angkat Batik Suroboyo di Karnaval Tunjungan

(Kiri ke kanan): Arsho Adi Pratomo, Krua Dekranasda Karnaval Nang Tunjungan- Chyntia Dara Fitriani, Wali Kota Eri Cahyadi, Heriyadi Widodo Bank jatim, Kedinkop Surabaya Fauzi Mustaqiem saat konferensi pers.-Rini Indriani-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- PEMKOT Surabaya akan mengadakan acara yang bertajuk Karnaval nang Tunjungan, Minggu, 30 Oktober 2022. Karnaval itu rencananya masuk agenda tahunan. 

Masyarakat akan disuguhi dengan banyak hiburan. Mulai pergelaran musik yang menampilkan guest star ibu kota, permainan tradisional, fashion show, lomba foto, hingga produk UMKM.

Acara tersebut berpusat pada peresmian batik Suroboyo yang ingin dijadikan sebagai identitas Kota Pahlawan. Ada berbagai jenis motif batik yang diusung. Misalnya, motif Kya-Kya, sparkling, suro dan boyo, hingga semanggi. Semuanya bakal didaftarkan sebagai hak cipta.

Sebelumnya, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Surabaya mengadakan lomba desain batik se-Surabaya dari April 2022. Nantinya, hasil karya para peserta yang meraih juara diolah 

”Selama ini Surabaya tidak punya batik, terutama ciri khasnya seperti apa, motifnya seperti apa. Ini juga sebagai ajang memperingati Hari Batik Nasional 2022,” ujar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Rabu, 26 Oktober 2022. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: