Manajemen Arsenal Buka Mata

Manajemen Arsenal Buka Mata

PEMAIN Arsenal FC.-Arsenal.-

LONDON, HARIAN DISWAY - Manajer Arsenal Mikel Arteta sepertinya mulai bisa tidur nyenyak sekarang. Satu permintaannya ke manajemen terkabul. 

Pekan lalu Arteta melayangkan permintaan ke manajemen. Manajer asal Spanyol itu meminta manajemen menyiapkan uang GBP 50 juta untuk jendela transfer musim dingin. Uang sebesar itu akan digunakan untuk mendatangkan dua pemain baru.

The Gunners saat ini berada di puncak tangga Liga Premier setelah sebelas pertandingan. Klub London Utara itu unggul dua poin atas juara bertahan Manchester City.

Pemilik Arsenal Stan Kroenke sepertinya puas dengan keadaan sekarang. Padahal, pada musim panas lalu, Arsenal terpaksa membakar GBP 130 juta untuk mendatangkan sejumlah pemain baru. Mereka yang didatangkan adalah Gabriel Jesus, Oleksandr Zinchenko, Fabio Vieira, Matt Turner, dan Marquinhos.

Menurut The Sun, Arteta ingin menambah amunisi baru di sektor gelandang dan pemain sayap. 

Eks asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City itu sejauh ini hanya mengandalkan 15 anggota tim inti. Itu jelas-jelas sangat rawan. Bisa-bisa Arsenal kehabisan bensin menjelang sprint di akhir musim. Arteta sangat ingin meringankan beban kerja Bukayo Saka dan Granit Xhaka.

Pada musim panas lalu, Arsenal sebetulnya sangat ingin mengontrak Douglas Luiz dari Aston Villa. Sayang, niat itu tak bisa menjadi kenyataan. Celakanya, gelandang asal Brasil tersebut kini telah menandatangani kontrak jangka panjang baru.

Karena itu, kini Arteta terpaksa berpaling ke lain hati dan kaki. Masih pemain Brasil juga. Yakni, Danilo. Ia gelandang berusia 21 tahun. Kini Danilo merumput untuk klub Palmeiras di Sao Paulo. Danilo punya relasi yang bagus dengan Direktur Teknik Arsenal Edu.

Pada musim panas 2022, Palmeiras tidak tertarik menjual bintang lini tengahnya. Sebab, mereka masih sibuk bermain di Copa Libertadores.

Namun, sikap itu bisa berubah pada Januari. Tawaran yang ditingkatkan sekitar GBP 26 juta pun mungkin cukup untuk menggoda mereka guna menjual Danilo.

Arteta juga ingin mendatangkan pemain sayap kelas atas lainnya untuk memberikan perlindungan sekaligus kompetitor persaingan bagi Saka.

Arsenal memiliki minat lama pada Mykhaylo Mudryk dari Shakhtar Donetsk. Meski, mereka mungkin akan menghadapi banyak persaingan untuk mendapatkan tanda tangannya setelah penampilan impresif lainnya di Liga Champions melawan Celtic pada Selasa malam. Pilihan potensial lainnya adalah pemain sayap Villarreal Yeremy.

Arteta memang membutuhkan kedalaman skuad. Ia jelas-jelas tidak bisa hanya mengandalkan 15 pemain intinya sekarang. Makin banyak pemain berkualitas di bangku cadangan akan makin baik. 

Artinya, Arteta bisa mengatur laju timnya dengan melakukan rotasi yang berkualitas. Sejumlah pengamat sepak bola Inggris memang meramalkan bahwa Arsenal harus memperdalam skuad jika ingin terus berada di tempat tertinggi seperti sekarang. Kalau tidak, jangankan juara, menempati peringkat keenam saja sudah sangat bagus. (Max Wangge)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: