Diberitakan Tanpa Konfirmasi Terkait Bisphenol A dan Etilen Glikol, Pakar UI Mochamad Chalid Klarifikasi

Diberitakan Tanpa Konfirmasi Terkait Bisphenol A dan Etilen Glikol, Pakar UI Mochamad Chalid Klarifikasi

--

Nugraha menambahkan bahwa hingga sekarang, IARC (International Agency for Research on Cancer), badan yang di bawah WHO masih mengkategorikan BPA masuk di grup 3, belum masuk di grup 2A atau 2B. Sedang acetaldehyde, justru masuk ke grup 2B itu sejak lama.

”Acetaldehyde yang ada dalam kemasan sekali pakai atau PET seperti yang ada pada galon sekali pakai justru sudah dimasukkan ke kelompok yang kemungkinan besar karsinogenik untuk manusia.” 

Seperti diketahui, IARC mengklasifikasikan karsinogenik ini dalam 4 grup. Kelompok 1, karsinogenik untuk manusia. Kelompok 2A, kemungkinan besar karsinogenik untuk manusia. Kelompok 2B, dicurigai berpotensi karsinogenik untuk manusia. Kelompok 3, tidak termasuk karsinogenik pada manusia. Kelompok 4, kemungkinan besar tidak karsinogenik untuk manusia.

”Saya berharap semua pihak untuk dapat menggunakan tugas pokok dan fungsinya. Khususnya kedua media massa tersebut. Media massa adalah corong kebenaran bukan pembenaran atas suatu peristiwa, agar terjadi pencerdasan masyarakat dalam mengambil sikap terbaik,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: