Nana Mirdad Berhenti Mikir Engagement

Nana Mirdad Berhenti Mikir Engagement

--

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Dengan sekitar 3,5 juta follower di akun media sosial (medsos) Insgramnya, tentu artis Nana Mirdad harus menjaga engagement dengan para penggemarnya. Namun Nana tak mau disetir oleh medsos.

Sebagai idola, Nana mengakui pernah terjebak untuk terus menaikkan engagement di medsos. Dia sempat larut dalam perilaku di medsos. Nana bahkan merasa terjebak untuk selalu mengikuti algoritma di medsos agar engagement dengan pengikutnya selalu stabil. 

Sebab itu artinya membuatnya tetap laris mendapatkan endorsan. Walhasil, pundi-pundi mengalir dengan sendirinya.

Namun tak cuma yang enak saja. Nana pernah juga terusik tentang respons netizen tentang asisten rumah tangganya yang tidak makan bersama dengannya lantaran memiliki asrama dan dapur sendiri.

Padahal itu karena dia tak ingin memaksakan para ART makan makanan barat disantapnya yang belum tentu disukai mereka. Tapi netizen menganggap dia sengaja membedakan makanan dengan para staf di rumahnya.

Anak Jamal Mirdad dan Lydia Kandou ini sampai harus menjelaskan duduk perkaranya agar tidak menjadi sasaran hujatan. Tapi kakak Naysilla Mirdad ini akhirnya menyadari, hidup tak seharusnya larut dalam keasyikan bermain di media sosial. 

”Kadang aku bertanya sama diri sendiri ’apa sih yang aku lakuin yang salah’ Di saat engagement tiba-tiba low atau viewers drop tanpa alasan? lalu tiba-tiba naik lagi seenaknya juga,” tulisnya.

Atas kejadian itu Nana berpendapat bahwa setiap individu penting untuk menghargai diri sendiri. Di saat media sosial sudah menjadi dunia yang tak terpisahkan dengan kegiatan kita sehari-hari, seharusnya tidak sampai membuat lupa diri.

Istri Andrew White itu menyatakan tak ingin diperbudak berbagai platform media sosial hingga melupakan betapa berharganya diri kita. 

”Aku alamin banget betapa beratnya kadang buat ngehargain diri kita sendiri di saat dunia socmed sepertinya lebih memegang peranan dalam memberikan nilai seenaknya untuk kita sesuai dengan algoritma mereka. Belakangan ini jujur aku udah stop ngelihatin angka-angka yang dikasih platform-platform socmed buat aku.. Kenapa? Karena itu ngerusak mental!,” tulis aktris yang kini menetap di Bali,

Karena itu dia ingin membagi hal positif di medsos. Sebab semakin sering ia terpancing untuk menjaga engagement, ia makin tertantang untuk terus menaikkan engagement.

”Sampai kadang cari-cari tahu bagaimana sih caranya supaya menaikkan engagement and reach?  Dooohh.. ribet yah. Sungguh cara bermain di media sosial itu benar-benar tidak menyenangkan!.” tulisnya dalam bahasa Inggris. 

Pada akhirnya, Nana memilih untuk kembali pada niat awalnya dan memutuskan, ”Tidak! Aku tidak melakukan kesalahan apapun. Aku nggak peduli lagi bagaimana algoritma yang dikasih buat aku. Aku mau kembali fokus jadi diri sendiri dan share yang mau aku share untuk kalian...,” tulisnya.

Kepada para follower-nya, ibu dua anak ini mengungkapkan terima kasih kepada para pengikut yang selalu mendukung dan menyemangatinya kala merasa jatuh.

Sumber: