Biden dan Xi Jinping Bertemu di Forum G20 Bali

Biden dan Xi Jinping Bertemu di Forum G20 Bali

Presiden Jokowi dan Menko Marves Luhut B. Pandjaitan meninjau venue KTT G20--

NUSA DUA, HARIAN DISWAY - Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tinggal enam hari lagi. Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia sudah siap menerima para tamu negara. Jokowi telah meninjau sejumlah tempat yang akan dijadikan lokasi penyelenggaraan di Bali, Selasa, 8 November 2022. 

 Ada 17 kepala negara yang dipastikan hadir. Termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Rakyat Tiongkok Xi Jinping. Pertemuan tatap muka dua sosok itu pun tentu dinanti oleh banyak pasang mata.

Mengingat rencana pertemuan Xi Jinping dan Joe Biden sempat tertunda. Yakni setelah keduanya terlibat percakapan via telepon selama 2 jam 17 menit pada Juli lalu. Xi Jinping bahkan memperingatkan dengan keras agar Joe Biden tak ”bermain api” di Taiwan. Tiongkok tersinggung lantaran Ketua DPR AS Nancy Pelosi berkunjung ke Taiwan saat itu.

”Yang pasti 17 kepala negara yang hadir,” tandas Jokowi kepada wartawan  di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar, Selasa, 8 November 2022. Jokowi pun sudah menelepon dua kepala negara lain yang tengah terlibat konflik. Yaitu Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Rusia Volodymyr Zelensky.

Dua presiden yang tengah berperang itu tidak bisa memastikan kehadiran mereka di Bali. Putin dan Zelensky sama-sama masih ragu. ”Beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan,” jelas Jokowi. (*)

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: