Facundo Tello, si Wasit Killer, Juga Terbang ke Qatar

Facundo Tello, si Wasit Killer, Juga Terbang ke Qatar

FACUNDO Raul Tello Figueroa adalah wasit sepak bola asal Argentina. Ia terdaftar sebagai wasit internasional FIFA sejak 2019. -Wikipedia-Wikipedia

BUENOS AIRES, HARIAN DISWAY - Jangan bikin ulah aneh-aneh atau protes berlebihan kalau tidak ingin mengalami nasib nahas seperti tujuh pemain Boca Juniors dan tiga pemain Racing Club. Total sepuluh pemain itu mendapat kartu merah saat berduel di final Argentine Trophy of Champions pekan lalu. Laga itu dimenangkan Racing Club 2-1.

Nah, Facundo Tello adalah satu di antara enam wasit dari zona Conmebol yang bertugas di Piala Dunia. Media massa ternama Negeri Tango Clarin pekan lalu menulis: Facundo Tello melakukan pemanasan jelang Piala Dunia Qatar. Ia seperti mementaskan killing field.

Laga memang berlangsung seru. Perselisihan Sebastian Villa dan Johan Carbonero memicu perkelahian. 

Laga sebetulnya berjalan normal. Kedudukan tercatat 1-1 setelah 90 menit. Kedua tim harus bermain dengan masing-masing 10 orang saat laga memasuki amerika

Adegan panas berawal ketika Sebastian Villa dari Boca Juniors dan Johan Carbonero dari Racing beradu argumen, lalu saling dorong. Setelah itu, Xeneizes dari Boca meminta penalti karena merasa pemain Racing menyentuh bola di kotak terlarang. 

Pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu. Setelah Carlos Alcaraz mencetak gol penentu kemenangan lewat sundulan, Estadio La Pedrera jadi kacau balau.

Selebrasi berlebihan Alcaraz memicu kemarahan para pemain Boca, terutama pemain cadangan. Pemain Boca lantas ”menganiaya”-nya. Ada yang mendorong. Ada yang menjewer telinga Alcaraz. Ada juga yang melemparkan bola ke arahnya. 

Setelah keributan itu mereda, Tello mengeluarkan lima kartu merah kepada Boca dan dua kepada Racing. Wasit juga  memastikan Alcarez tidak dibiarkan tanpa hukuman.

Luis Advincula, Carlos Zambrano, Diego Gonzales, Frank Fabra, dan Dario Benedetto diberi kartu merah untuk Boca. Sementara itu, Catriel Cabellos mendapatkan hukuman yang sama untuk Racing.

Lalu, siapakah wasit Facundo Tello?

Setelah insiden itu, Tello segera terbang ke Qatar. Ia akan berangkat bersama enam wasit Amerika Latin lainnya.

Tello lahir di Provinsi Buenos Aires pada 1982. Ia sudah memimpin total 118 pertandingan profesional di Divisi Primera.

Selama bertugas, ia sudah mengeluarkan 612 kartu kuning dan 45 kartu merah. Ini bukan kali pertama Tello mengeluarkan kartu merah dalam satu laga pada musim ini. 

September lalu, saat memimpin laga Racing melawan Club Atletico Platense, Tello juga mengeluarkan tiga kartu merah dan enam kartu kuning. Laga itu dimenangkan Racing 1-0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: