Tianzhou Pecahkan Rekor Docking Tercepat

Tianzhou Pecahkan Rekor Docking Tercepat

Tianzhou setelah diluncurkan-China Daily-

TAK butuh waktu lama untuk Tianzhou 5 bergabung dengan stasiun ruang angkasa Tiangong. Wahana itu langsung menempel—docking—dengan Tiangong dalam waktu 2 jam 7 menit.

Tianzhou 5 adalah pesawat luar angkasa keluaran terbaru dari Tiongkok. Ia meluncur pada Sabtu, 12 November 2022, dari Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang, Provinsi Hainan.

Tianzhou 5 mengangkasa dengan roket Long March VII pukul 10.30 waktu setempat. Ia berhasil selamat dan menempel ke Tiangong pukul 12.10. Singkat sekali.

Manuver itu berhasil memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Rusia. Pada 14 Oktober 2020, Soyuz MS-17 menempel ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dalam waktu 3 jam 3 menit.


Suasana di dalam pesawat luar angkasa Tianzhou -China Daily-

Kecepatan penggabungan pesawat luar angkasa ke stasiun luar angkasa itu begitu penting. Efisiensi waktu adalah sebuah capaian yang besar. Terutama ketika mereka mengirim pasokan untuk situasi darurat.

Menurut para perancang Tianzhou 5 mengatakan bahwa, satu pesawat luar angkasa mampu memuat kargo sebanyak 5,3 metrik ton. Itu sudah termasuk kebutuhan hidup para astronot dan untuk keperluan misi.

Selain itu, peralatan ilmiah dan satelit eksperimental mini juga turut mereka bawa dalam kargo. Tianzhou 5 juga menampung 1,4 ton bahan tambahan untuk stasiun utama Tiangong.

Tianzhou 5 bukan pesawat luar angkasa yang pertama kali mendarat di stasiun utama Tiangong. Ia didahului oleh Tianzhou 2, 3, dan 4. 

Tianzhou 4 sudah bertahan lebih dari 6 bulan. Rencananya, pada Rabu, 16 November 2022, pesawat itu akan melepaskan diri dari Tiangong dan kembali ke bumi.

Setelah Tianzhou 4 lepas, kini yang tersisa di Tiangong adalah modul inti (bernama Tianhe), dua modul laboratorium (Mengtian dan Wentian), dan Tianzhou 5 yang memuat kargo dan astronot tambahan. (Mochammad Rafly Akbar)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: