Hari Ini RUPSLB Digelar, Apakah Golden Share PSSI Bakal Dibahas?

Hari Ini RUPSLB Digelar, Apakah Golden Share PSSI Bakal Dibahas?

PSSI telah menerima surat balasan dari FIFA terkait Kongres Luar BIasa (KLB)-Foto/Dok/PSSI-

Hari ini (15/11) PT Liga Indonesia Baru akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta. Perwakilan 18 klub Liga 1 selaku pemegang saham perseroan sudah mengkonfirmasi hadir. Baik langsung para CEO-nya atau diwakilkan.

Maklum, RUPSLB kali ini cukup penting. Membahas kelanjutan kompetisi Liga 1 2022/2023 yang terhenti sejak 1 Oktober lalu. Pasca Tragedi Kanjuruhan yang sampai saat ini sudah memakan korban 135 orang meninggal. 

Urusan kelanjutan kompetisi memang menjadi perhatian seluruh klub Liga 1. Semua berharap kompetisi bisa segera dilanjutkan. Bahkan, di forum RUPSLB ini kepastian itu bisa didapatkan. 

Namun sampai kemarin belum ada tanda-tanda dari Kepolisian. Kendati, Polri sudah merilis Perpol penyelenggaraan pertandingan sepak bola yang menjadi rujukan penyelenggaraan pertandingan dari sisi keamanan dan keselamatan. 

Agenda lain yang dibahas yakni pergantian direktur utama. Dirut LIB saat ini, Akhmad Hadian Lukita berstatus tahanan Polda Jatim. Status itu imbas dari Tragedi Kanjuruhan. Meski PSSI telah pasang badan tak akan mengganti, namun desakan perubahan direksi tak bisa dielakkan. Dan, hari ini LIB dipastikan akan miliki nahkoda baru. 

Bagaimana dengan status golden share milik PSSI? Soal ini tidak masuk. Kendati Persebaya dan Persis Solo telah mengusulkan secara tertulis ke LIB untuk dibahas. Namun dari undangan tertulis yang dikirim LIB, tidak disebutkan adanya pembahasan komposisi saham. Selain dua agenda di atas, satu lagi yakni pembahasan laporan keuangan perseroan. 

Persebaya dan Persis memastikan akan tetap membawa usulan tersebut ke RUPSLB. Agenda ini dinilai tak kalah penting dengan kelanjutan kompetisi maupun pergantian direksi. Menurut kedua klub ini, saham istimewa PSSI ini menjadi salah satu yang menyebabkan LIB tidak bisa berkembang maksimal.

“Kami sama Persebaya sudah sepakat. Ini harus dibahas. Tak kalah penting dengan agenda lainnya,” tegas Kevin Nugroho, manajer Persis Solo saat berkunjung ke Surabaya beberapa waktu lalu.

Terkait sosok direksi, Kevin menyerahkan sepenuhnya pada forum. Hanya saja, dirut baru ini bertugas sementara. Sampai akhir kompetisi. Selanjutnya, dirut baru bisa dipilih kembali lewat RUPS.(Gunawan Sutanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: