Lawan Iran, Pemerintah Wales Liburkan Sekolah

Lawan Iran, Pemerintah Wales Liburkan Sekolah

Gareth Bale berhasil mengantarkan timnas Wales ke Piala Dunia 2022 Qatar. Gara-gara Bale, anak muda Wales kini malah beralih pilihan. Yang tadinya rugbi kini justru rama-ramai memilih bola sebagai olahraga.--Getty Images

CARDIFF, HARIAN DISWAY - Sekolah-sekolah di Wales libur hari ini, 25 November 2022. Padahal tidak ada tanggal merah atau hari besar lainnya. Pemerintah setempat mengizinkan lebih dari seribu sekolah untuk meniadakan pembelajaran agar para siswa bisa nonton piala dunia.

Garerth Bale dkk bakal melawan Iran pada lanjutan fase Grup B Piala Dunia 2022 Qatar. Partai yang sangat menentukan itu, disiarkan pukul 17.00 WIB. Pertandingan digelar di Ahmed bin Ali Stadium.

Tanpa meliburkan sekolah, memang sudah banyak murid yang bolos. Oleh karenanya, negara persemakmuran itu membebaskan mereka nonton timnas. Izin itu diberikan pada 25 November. Mereka menyebutnya  Cymru Football Friday.

Pertandingan yang dimulai pukul 10 pagi waktu Wales itu menjadi satu-satunya pertandingan Wales yang jatuh pada jam sekolah.

Untungnya, pemerintah tidak memaksakan kehendak. Sekolah tetap punya otoritas untuk membolehkan anak muridnya menonton saat timnas Wales bertanding. Artinya, kalau sekolah dan gurunya mengizinkan, pemerintah tidak akan melakukan tindakan apa pun.

Dispensasi itu diberikan karena timnas Wales mendapatkan prestasi monumental. Untuk kali pertama sejak Piala Dunia 1958, Wales kembali lolos ke turnamen bintang lima tersebut.


Ekspresi siswa Wales saat timnasnya ditahan imbang Amerika Serikat 22 November 2022.-bbc-

Artinya, anak Wales berusia 10 tahun yang menonton pertandingan Wales saat takluk dari Brasil di perempat final pada edisi 1958 di Swedia kini telah berumur 74 tahun.

The Dragons –julukan timnas Wales– berhasil lolos kualifikasi ke Qatar meski harus berjibaku di babak playoff setelah menempati peringkat kedua klasemen grup E di bawah Belgia. Wales akhirnya lolos ke Qatar setelah menundukkan Ukraina melalui gol tunggal Bale.

Asosiasi Sepak Bola Wales (FAW) juga menyelenggarakan acara Cymru Football Friday di sekitar pertandingan. Acara dengan lebih dari seribu sekolah di Wales ambil bagian dalam kegiatan, termasuk sesi adu keterampilan dengan bola dan pertandingan antarsekolah.

Upaya FAW untuk merayakan Piala Dunia pertama Wales dalam 64 tahun telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Pelatih Kepala Rob Page menginisiasi tur Rhondda sebelum meluncurkan skuadnya di Tylorstown Welfare Hall. Mereka juga merilis klip video lagu Yma O Hyd yang dibawakan penyanyi legendaris Wales, Dafydd Iwan, khusus untuk merayakan kembalinya mereka ke Piala Dunia.

CEO FAW Noel Mooney mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan pemerintah Wales untuk membuat festival sepak bola di semua sekolah dengan memanfaatkan momentum pertandingan melawan Iran.

”Laga (melawan) Iran sangat cocok untuk kami. Anda ingin seorang anak mengingatnya dan semoga terus bermain untuk kami dan menjadi masa depan Wales,” ujar pria asal Irlandia itu.

Gelaran acara tersebut menunjukkan pergeseran tren olahraga di Wales, dari rugbi ke sepak bola. ”Saya telah berada di sekolah enam tahun dan saya telah melihat transisi dari rugbi ke sepak bola pada saat itu karena jumlah partisipasi dan minat,” sebut Cori Mabey, kepala PE di Treorchy Comprehensive School, seperti dilansir dari BBC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: