Jordi Amat & Sandy Walsh Resmi WNI, Status Menunggu Persetujuan FIFA

Jordi Amat & Sandy Walsh Resmi WNI, Status Menunggu Persetujuan FIFA

Jordi Amat dan Sandy Walsh menjalani sesi pengambilan sumpah WNI di Kanwil Kemenkumham pada Kamis (17/11)-PSSI-

Amunisi tim nasional (timnas) Indonesia bertambah. Setelah menjalani berbagai proses, akhirnya Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pada Kamis (17/11) mereka mengucapkan sumpah WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta.

 

Dalam proses tersebut Jordi dan Sandy sudah lancar menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengucapkan sumpah WNI. Usai menjalankan prosesi tersebut, keduanya juga dengan bangga menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) miliknya.

 

“Saya tidak bisa menjelaskan bagaimana perasaan saya saat ini. Yang jelas saya sangat senang bisa menjadi WNI. Saya berjanji akan memberikan segalanya untuk Indonesia, untuk negara kita,” ungkap Jordi.

 

Adapun Jordi merupakan pemain naturalisasi dari Spanyol. Sedangkan Sandy dari Belanda. Keduanya masih memiliki garis keturunan Indonesia. Proses naturalisasi itu merupakan pemintaan dari pelatih Shin Tae-yong.

 

Proses naturalisasi Jordi dan Sandy berlangsung berliku. Jordi mulai dikaitkan dengan timnas Indonesia sejak 2018. Pada akhir 2021 pelatih Shin Tae-yong menyodorkan sejumlah nama pemain keturunan Indonesia yang merumput di Eropa.

 

Baru pada pertengahan 2022 proses naturalisasi dimulai. Pertama dengan mendapatkan rekomendasi dari Kemenpora. Kemudian dilajutkan Kemenkumham. Berkas naturalisasi diajukan ke Sekretariat negara untuk mendapat persetujuan Presiden. Setelah itu diajukan ke Komisi III dan X DPR RI.

 

Sandy sempat memperkuat timnas U-15 Belanda dan membela negara tersebut hingga 2014. Ia mulai dikaitkan dengan timnas Indonesia sejak 2016. “Ini adalah momen yang membanggakan. Saya sangat senang menjadi warga negara Indonesia. Menyanyikan lagu Indonesia Raya adalah momen yang sangat indah. Saya bahkan (tadi) menutup mata dan menangis,” tutur Sandy.

 

Rencananya mereka akan memperkuat Tim garuda di Piala AFF 2022 dan Piala Asia 2023 mendatang. Tetapi sebelum mereka bisa mengenakan seragam Tim Garuda, Jordi dan Sandy harus menjalani proses pergantian federasi terlebih dahulu dan disahkan oleh FIFA.

 

Setelah ini PSSI harus mengurus administrasi lanjutan. Batas pendaftaran pemain untuk Piala AFF 2022 adalah Minggu (20/11) mendatang. Setelah itu PSSI harus mengurus izin ke klub Jordi, Johor Darul Takzim (JDT).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: