DPC HNSI Kota Pasuruan Dikukuhkan, Ada Beberapa PR yang Menanti

DPC HNSI Kota Pasuruan Dikukuhkan, Ada Beberapa PR yang Menanti

WAWALI Pasuruan Adi Wibowo saat membuka acara pelantikan pengurus DPC HNSI Kota Pasuruan periode 2022–2027.-Lailiyah Rahmawati-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Pelantikan pengurus DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Pasuruan dihadiri Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, Jumat, 18 November 2022 di RM Kurnia. 

Ada beberapa pesan penting yang disampaikan orang nomor dua di Kota Pasuruan itu. Di antaranya, peran penting HNSI untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dengan mendengar dan hadir di tengah-tengah nelayan. 

Mas Adi –sapaan akrab Wawali Pasuruan– memberikan pesan kepada para pengurus DPC HNSI Kota Pasuruan yang dikukuhkan untuk ikut mengingatkan dan mengawasi penggunaan alat-alat tangkap yang digunakan nelayan. 

”Kita perlu bersyukur bahwa ikan yang ditangkap di laut tidak perlu pembibitan. Tapi, saya minta HNSI untuk ikut mengawal dan mengimbau nelayan-nelayan tidak menggunakan alat tangkap ikan yang merusak lingkungan,” ujar Mas Adi dalam sambutannya. 

Mas Adi mengatakan, Pemkot Pasuruan menaruh harapan dengan kembali aktifnya HNSI supaya memberikan konstribusi bagi nelayan dengan penguatan kapasitas. 

”Maka, himpunan ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan nelayan.  Keberadaan HNSI bisa menopang kehidupan nelayan agar makin sejahtera,” lanjut Mas Adi. 

Kota Pasuruan, disebut Mas Adi, memiliki sumber daya alam perikanan yang harus dikelola dengan baik. Hasil laut yang melimpah dan jumlah nelayan lebih dari 2 ribuan masih memiliki sejumlah PR. 

”HNSI punya tanggung jawab juga untuk membantu pengelolaan hasil perikanan Kota Pasuruan. TPI (tempat pelelangan ikan, Red) memang masih terkendala. Itu menjadi PR Pemkot Pasuruan karena TPI bertujuan meningkatkan kesejahteraan nelayan sehingga tangkapannya tidak dijual lagi ke tengkulak,” tandas Mas Adi. 

Dengan adanya sinergisitas antara HNSI dan Dinas Perikanan Kota Pasuruan, diharapkan ada titik temu untuk menyusun program yang bertujuan meningkatkan taraf hidup nelayan Kota Pasuruan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: