Lukisan SBY Dipamerkan di Pasar Seni Lukis di Surabaya

Lukisan SBY Dipamerkan  di Pasar Seni Lukis di Surabaya

GUBERNUR JAWA TIMUR Khofifah Indar Parawangsa mengunjungi salah satu tenan lukisan di festival Pasar Seni Lukis Indonesia 2022, Jumat 18 November 2022.-Michael Fredy Yacob-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- INI tentang Susilo Bambang Yudhoyono. Ia lebih akrab disapa SBY. Tapi, bukan debutnya di perpolitikan Indonesia. Juga, bukan cerita presiden ke-6 RI itu yang turun gunung demi mengangkat popularitas partai berwarna dasar biru tersebut.

Tapi, tentang rutinitas SBY sebagai pelukis. Anda sudah pasti tahu, ayahanda Agus Harimurti Yudhoyono itu mulai fokus melukis pada Mei 2021. Mayoritas objek lukisannya adalah pemandangan alam.

SBY bahkan sudah percaya diri untuk memamerkan lukisannya kepada publik. Mulai media sosial sampai di pameran lukisan. Bahkan, ia pernah menggelar pameran lukisan tunggal pada Agustus 2021 di Cikeas. Di sana ada 54 karya lukisannya yang dipamerkan.

Kini masyarakat Surabaya juga berkesempatan melihat langsung hasil karya suami almarhum Kristiani Herrawati itu. Semua karyanya dipamerkan dalam festival Pasar Seni Lukis Indonesia 2022 di JX International, Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

Pameran itu diselenggarakan Sanggar Merah Putih. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuka langsung pasar seni lukis tersebut. Bahkan, dia sempat mengunjungi booth lukisan SBY.

Memandangi beberapa lukisan yang dibuat langsung oleh purnawirawan jenderal TNI itu. Tapi, Khofifah enggan berkomentar mengenai lukisan tersebut. ”Langsung saja ya ke Pak Anis (ketua panitia acara, Red),” kata Khofifah, Jumat, 18 November 2022.

Dalam sambutannyi juga, Khofifah hanya mengucapkan terima kasih kepada Sanggar Merah Putih. Sebab, mereka telah mengumpulkan para seniman pelukis untuk memeriahkan rangkaian HUT Ke-77 Jawa Timur.

”Banyak potensi yang intrinsik dari pelukis Indonesia. Semoga, dari pasar seni lukis yang kita buka hari ini, banyak peminat dari koleksi lukisan di sini. Tentu untuk menjadi koleksi di tempat masing-masing,” ucap mantan menteri sosial itu.

Ketua Panitia Pasar Seni Lukis Indonesia 2022 M. Anis mengatakan, festival itu sudah dilakukan 13 kali. Kali ini ada 220 pelukis. Mereka menempati 130 booth. Namun, kali ini yang spesial adalah SBY ikut memeriahkan Pasar Seni Lukis.

”Ada 13 lukisan Pak SBY yang dipajang di sini. Saya tidak tahu berapa dijual. Tapi, ini kali pertama beliau (SBY) ikut serta dalam acara ini. Kami yang mengundangnya secara khusus untuk lukisannya dipajang di sini,” ungkap Anis.

Di booth itu terdapat tulisan Susilo Bambang Yudhoyono. Beberapa orang yang datang ke tempat tersebut tidak sekadar melihat hasil karya tangan mantan orang nomor satu di NKRI itu. Sebagian dari mereka memanfaatkan kesempatan itu untuk berfoto.

Anis menegaskan, kehadiran booth SBY tidak dalam rangka kapasitasnya sebagai politikus. Tetapi, sebagai seniman tanah air. ”Ini peristiwa kesenian. Bukan peristiwa politik. Itu yang menyenangkan,” tegasnya.

Pun, ia merasakan bahwa Khofifah sangat mendukung acara yang mereka adakan. Itu dibuktikan dari kehadirannya dalam Pasar Seni Lukis tersebut. ”Acara ini akan dilaksanakan 10 hari ke depan,” ungkapnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: