Dua Bulan Persiapkan Commeet: Negeri Komunikasi 2022

Dua Bulan Persiapkan Commeet: Negeri Komunikasi 2022

ANEKA persiapan anggota Himakota Untag Surabaya untuk menyukseskan Commeet 2022.-Himakota Untag Surabaya -

SURABAYA, Harian Disway – Banyak cara untuk merekatkan warga sebuah jurusan. Bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, salah satu caranya adalah dengan menggelar Commeet. Serangkaian event yang merupakan bagian dari Negeri Komunikasi 2022 yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya (Himakota).

Commeet bertujuan untuk mengenalkan program kerja Negeri Komunikasi Himakota kepada seluruh khalayak. Sekaligus untuk mencari bakat terpendam mahasiswa, baik dalam ranah akademik maupun non akademik.

Serta, yang paling penting, untuk mengenalkan Negeri Komunikasi dengan jurusan ilmu komunikasi dari Universitas lain. Juga untuk menggaet dan merekatkan antar mahasiswa ilmu komunikasi dalam lingkup internal maupun eksternal.

Dalam Commeet, terdapat lomba akademik dan non akademik yang bisa diikuti mahasiswa. Lomba akademik terdiri dari lomba Artikel Populer, Voice Over, dan Desain Infografis. Sedangkan lomba non akademik terdiri dari lomba Futsal internal Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Lomba E-sport Mobile Legends.

Selama persiapan event, Himakota membuka rekrutmen bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya untuk menjadi panitia. Khususnya yang masih semester 1 sampai semester 5. Mereka bisa berpartisipasi demi kelancaran acara tersebut.

Panitia Negeri Komunikasi 2022 menggelar rapat mingguan untuk meninjau progress setiap divisi. Rapat mingguan biasanya dilaksanakan pada Kamis, pukul 16.30, di Gedung Teknik Lt.10 milik UNTAG Surabaya.

Periode Lomba

Pendaftaran lomba artikel populer yang mengangkat beberapa tema, dibuka mulai 19 September 2022 hingga 19 Oktober 2022. Peserta dapat mendaftar melalui link yang tersedia pada Instagram Negeri Komunikasi atau lewat aplikasi Sejutacita. Penjuriannya dilaksanakan secara online bersifat tertutup.

Kemudian, ada lomba Voice Over dengan tema Budaya Plagiarism di Dunia Pendidikan Melalui Internet. Pendaftarannya dibuka pada 19 September 2022 sampai 12 Oktober 2022. Penjurian juga dilakukan secara online. Penjurian ini bersifat tertutup dan dilaksanakan antara panitia, juri, dan jurnalis dari Warta 17.

Sedangkan lomba Desain Infografis mengangkat tema Etika Dalam Bersosial Media. Pendaftaran dibuka mulai dari 19 September 2022, dan ditutup pada 19 Oktober 2022. Penjurian lomba ini dilaksanakan secara offline. Bertempat di perpus mini gedung Graha Wiyata Lt.2 UNTAG Surabaya.

Jurinya adalah Muchamad Rizqi, S.I Kom., M Med.Kom, dosen Ilmu Komunikasi Untag. Penjurian bersifat tertutup dan hanya dihadiri oleh juri dan beberapa Negeri Komunikasi.

Selanjutnya, lomba futsal bertema We Come To Win dikhususkan untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya. Pendaftaran dibuka sepanjang 20 September 2022 sampai 26 Oktober 2022. Ada tiga tim yang berpartisipasi. Yakni mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2020, 2021, dan 2022. Pertandingan digeber pada 29 Oktober 2022 di lapangan futsal SMP 8 Muhammadiyah Surabaya.

Lomba non akademik selanjutnya adalah E-sport Mobile Legends, yang juga memungkasi rangkaian Commet. Perlombaan digeber secara online, dan dibuka untuk umum mulai 20 September 2022 sampai 3 November 2022. Pendaftarannya melalui link yang ada di poster lomba Negeri Komunikasi maupun aplikasi Sejutacita. Sedangkan matchday-nya pada 5-6 November 2022. (*)


Sumber: