Khofifah Cari Kerja Sama dengan Mesir

Khofifah Cari Kerja Sama dengan Mesir

GUBERNUR Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Dubes Mesir untuk Indonesia Ashraf Sulthan bertukar cendera mata. -Foto: Humas Pemprov Jatim-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Setahun terakhir Pemprov Jawa Timur menjalin kerja sama dengan Mesir. Salah satu bidang kolaborasi yang dilakukan dua daerah itu adalah dunia pendidikan. Ada juga bidang pariwisata, perdagangan, dan ekonomi.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali mendatangi Kedubes Mesir untuk Indonesia di Jakarta. Dia bertemu dengan Ashraf Sulthan. Pertemuan selama dua jam itu terfokus pada pendidikan.

Kerja sama di dunia pendidikan yang kini sedang berjalan ialah pemberian beasiswa bagi guru diniyah Jatim untuk melanjutkan ke Universitas Al-Azhar, Mesir. ”Semoga makin banyak yang kuliah di Mesir,” ujar Khofifah, Selasa, 22 November 2022.

Seusai pertemuan itu, mantan menteri sosial tersebut langsung berangkat menuju Mesir. Di sana Khofifah akan bertemu dengan Gubernur Alexandria Mohamed Taher El-Sherif. Ibu empat anak itu akan melakukan penandatanganan letter of intens (LOL).

”Kerja sama itu di bidang perdagangan, ekonomi, dan pariwisata. Semoga ini bisa membawa manfaat yang signifikan untuk warga Jawa Timur,” terangnya.

Sebab, dia menilai bahwa Mesir memiliki potensi wisata religi yang dinilai sangat kuat. Termasuk beragam peninggalan peradaban kuno. Semua itu memiliki muatan sejarah peradaban Islam yang kuat.

Menurut data yang dia miliki, setiap tahun, ada sekitar 160 ribu jamaah umrah asal Jatim ke negara tersebut. Bahkan, mereka berziarah ke beberapa tempat bersejarah Mesir. Misalnya, perpustakaan pertama di dunia dan piramida.

Namun, kendala terbesarnya yang kini dialami adalah belum ada penerbangan dari Surabaya ke Mesir. Padahal, menurutnya, itu sangat penting. Karena itu, dia meminta agar bisa ada yang menginisiasi adanya penerbangan langsung ke Mesir dari Kota Pahlawan.

Dari sektor perdagangan, menteri negara pemberdayaan perempuan Indonesia ke-5 itu menjelaskan, dirinyi telah meminta agar pengusaha Jawa Timur bisa melakukan link and match dengan pengusaha di Alexandria.

”Artinya, ini seperti gayung bersambut. Dengan potensi yang luar biasa, sangat disayangkan jika tidak dimaksimalkan,” terangnyi.

Pun, Dubes Mesir untuk Indonesia Ashraf Sulthan mengaku senang dengan rencana Khofifah. Ia berjanji membantu mengawal kerja sama tersebut. Termasuk, ia akan memantau penandatanganan LOL itu bersama gubernur Alexandria.

”Termasuk kebutuhan penerbangan langsung dari Mesir ke Surabaya. Sebenarnya kami sudah bersurat. Namun, harapan kami, gubernur Jatim juga menyampaikan ketika ketemu gubernur Alexandria dan grand syaikh agar segera mendapatkan solusi,” ucapnya. 

Tidak hanya itu, Ashraf Sulthan juga memastikan bahwa dirinya akan memberikan support maksimal. Itu dilakukan untuk mendukung rencana Khofifah untuk menguatkan kerja sama dengan Mesir. Mulai bidang pendidikan, ekonomi, perdagangan hingga pariwisata. (Noor Arief-Michael Fredy Yacob)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: