Java Coffee Culture 2022, Suguhkan 60 Kopi Unggulan

Java Coffee Culture 2022, Suguhkan 60 Kopi Unggulan

Sekdaprov Jatim Adi Karyono, PJ Sekda Pemkot Surabaya Erna Purnawati, Anggota DPR RI Farida Hidayat , Anggota DPR RI Charles Meikyansyah, Anggota DPR RI Indah Kurnia, Kepala Perwakilan BI Jawa Timur Budi Hanoto menyeduh kopi bareng di acara Java Coffee Cu-Boy Slamet-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - KOPI sudah menjadi budaya turun-temurun dan kebiasaan masyarakat Indonesia. Apalagi, sudah menjadi komoditas yang berkembang di era sekarang. Itu terlihat dari makin banyaknya industri kedai kopi yang bermunculan beberapa tahun terakhir.

Bank Indonesia (BI) yang berkolaborasi dengan Pemkot Surabaya menggelar Java Coffee Culture 2022. Acara tersebut bertujuan mendukung eksistensi dan mendorong ekspor berbagai kopi asal Jawa ke pasar global. Pasar internasional.

”Semoga pengembangan ekonomi kreatif agar berkelanjutan serta memperkuat nilai kopi Jawa, termasuk ekosistem di UMKM. Supaya makin go global serta go digital dan dilaksanakan secara hulu ke hilir,” ujar perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto, Minggu, 27 November 2022.

Indonesia masuk peringkat ketiga sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia setelah Brasil dan Vietnam. Pada 2021, secara kumulatif naik mencapai 250 persen jika dibandingkan dengan 10 tahun lalu berdasar International Coffee Organization (ICO).


Suasana acara Java Coffee Culture di Jalan Tunjungan, Surabaya, 27 November 2022.-Julian Romadhon-Harian Disway-

Acara yang diselenggarakan di Jalan Tunjungan itu mempertemukan para penggiat dan pencinta kopi. Sebanyak 42 UMKM kopi unggulan ikut memeriahkan gelaran itu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi. Itu tak luput dari peran Provinsi Jatim yang menjadi pengekspor kopi terbesar ketiga di Indonesia. 

”Ini kita harapkan bisa mencapai target tingkat konsumsi kopi di Indonesia yang terus naik selama lima tahun terakhir. Semoga kopi Nusantara menjadi primadona,” ujar Sandiaga Uno dalam sambutan yang disampaikan secara virtual.

Pada kegiatan tersebut, terdapat 60 contoh kopi unggulan Nusantara yang ditampilkan. Yakni, 14 kopi arabika, 12 kopi arabika natural, 27 kopi robusta, dan 7 kopi liberika.

Java Coffee Festival 2022 juga menyuguhkan berbagai kompetisi menarik. Kegiatan itu dapat diikuti peserta umum dengan kategori lomba seperti latte art, cover song, coffee culture video, dan kreasi jajanan kopi Jawa. (Noor Arief-Yusuf Dwi)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: