Asrama Mahasiswa Nusantara Rawat Kebinekaan

Asrama Mahasiswa Nusantara Rawat Kebinekaan

Presiden Jokowi meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara Surabaya didampingi Menhan Prabowo Subianto, Menag Yawut Cholil Qoumas, Seskab Pramono Anung, dan Plt Gubernur Jatim Emil Elestiano Dardak.-Rodhi For Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) resmi beroperasi. Selasa, 29 November 2022, Presiden RI Joko Widodo yang meresmikan bangunan yang berada di Jalan Jemur Andayani, Surabaya, itu.

Kedatangan Jokowi ke sana, didampingi beberapa menteri. Salah satunya adalah Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto. Ia sekaligus menemani Jokowi dalam mobil dinas kepresidenan. Mereka kompak mengenakan kemeja berwarna merah. Celana kain hitam. 

Asrama itu dibangun di atas tanah seluas 9.975 meter persegi. “Ini AMN pertama yang kita resmikan. Nanti, akan dibangun di Makassar, Minahasa, Bantul, Jakarta Selatan, dan Malang,” kata Jokowi.


Gedung Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya.-Kementerian PUPR-

AMN Surabaya mulai dibangun pada September 2021. Rampung 31 Mei 2022. Asrama tersebut sudah diisi 410 mahasiswa dari seluruh daerah di tanah air. Mahasiswa asal Papua mendapatkan porsi terbanyak. Yakni 40 persen.

Program pembangunan AMN di enam kota di Indonesia sudah dicanangkan sejak 2021. Melalui Peraturan Presiden (Perpres) 106/2021. Itulah program bersama untuk merawat rajutan kebinekaan dan kebangsaan.

Salah satu mahasiswa yang sudah tinggal di asrama itu adalah Cristo Rejauw. Ia dari Sorong, Papua Barat Daya. Kuliah di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Di Fakultas Ilmu Olahraga. “Di sini sudah sekitar dua bulan. Pada 7 September saya datang dari Papua. Saya ikut gelombang keempat. Di sini saya dapat banyak teman baru dari daerah lain. Kalau saya, dalam kamar tinggal sama teman dari Sulawesi dan Jawa,” ucapnya. (Michael Fredy Yacob)


Aksi mahasiswa penghuni Asrama Mahasiswa Nusantara menyambut Presiden Jokowi. -Rodhi For Harian Disway-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: