FGD Bersama Camat dan Lurah, Wawali Pasuruan Dorong Sinergisitas Kantrantib

FGD Bersama Camat dan Lurah, Wawali Pasuruan Dorong Sinergisitas Kantrantib

WAKIL WALI Kota Pasuruan Adi Wibowo menghadiri acara sosialisasi FGD bersama camat dan lurah se-Kota Pasuruan. -istimewa-

PASURUAN, HARIAN DISWAY -  Ada acara sosialisasi dan focus group  discussion (FGD) bersama aparatur kelurahan dan camat, Kamis, 1 Desember 2022, di aula Hotel Ascent Primer, Kota Pasuruan. Tujuan acara yang dibuka Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo itu adalah menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan (kantrantib). 

Kegiatan FGD yang diikuti camat dan lurah se-Kota Pasuruan itu merupakan kerja sama antarlembaga dan kemitraan dalam teknik pencegahan dan penanganan gangguan ketenteraman dan ketertiban umum Kota Pasuruan tahun 2022. 

Dalam sambutannya, Mas Adi menyampaikan bahwa seiring dengan kemajuan tekonologi dan informasi saat ini, tantangan yang dihadapi makin berat. Menurutnya, pola kejahatan yang kian beragam menjadikan tantangan keamanan juga mengalami metamorfosis. Ada banyak perubahan yang harus diantisipasi dengan baik. 

”Masyarakat mengalami dinamika yang cukup luar biasa dalam perkembangan  teknologi. Dunia ibarat global village. Berbagai persoalan, kejahatan, dan kriminalitas dapat diketahui secara bebas oleh masyarakat kita. Bentuk-bentuk kejahatan cyber crime harus mampu diantisipasi. Itulah yang menjadi tantangan bersama,” ucap Mas Adi saat membuka kegiatan sosialisasi pagi itu.

Untuk itu, sosialisasi tersebut diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan serta menyamakan pemahaman dan langkah-langkah dalam penertiban pelanggaran sampai tingkat kelurahan di Kota Pasuruan. 

”Lurah sebagai pihak yang berhubungan langsung dengan masyarakat perlu untuk diberi pemahaman dan edukasi mengenai realitas yang sedang dihadapi saat ini. Bagaimana pertahanan dan keamanan lingkungan masyarakat harus kita jaga bersama,” jelas Mas Adi.

Dalam arahannya, Mas Adi manyampaikan bahwa sinergisitas menjadi kunci utama dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungan.  

”Kuncinya adalah sinergi kita semua, bukan hanya tanggung jawab aparat bersama. Tanpa dukungan dan sinergi dari masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar, ketertiban dan keamanan akan sulit terwujud,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mas Adi juga menekankan kedisiplinan menjadi hal yang tidak kalah penting. Kedisiplinan dapat dimulai dari diri sendiri untuk mendukung terciptanya lingkungan yang aman dan tertib. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: