La Milesmia untuk Alien dari Selatan

La Milesmia untuk Alien dari Selatan

-Ilustrasi : Gusti-

HANYA ramai di awal. Itulah situasi yang terjadi di grup C. Hasilnya tetap sesuai skenario. Negeri gila bola yang lain dari Amerika Selatan, Argentina, tampil sebagai juara grup. Sedikit kejutan adalah tersingkirnya Meksiko. Karena itulah, Meksiko langsung memecat pelatihnya, Gerardo Martino. Ini kali pertama sejak Piala Dunia 1978 di Argentina, Meksiko gagal melaju ke putaran knockout.

Argentina pantas mendapat sorotan kali ini. Sebab, ini kali pertama, keinginan pemain tidak sejalan dengan keinginan rakyat Argentina. Rakyat ingin Argentina kalah supaya pemerintah bisa fokus mengurusi ekonomi dengan baik. Pemain Argentina ingin meraih gelar juara dunia. Kapan lagi bisa juara dunia kalau tidak sekarang. Mumpung ada alien Lionel Messi. Ini masa bakti terakhirnya bersama Argentina.

Keinginan mayoritas rakyat Argentina itu jelas-jelas juga bertentangan dengan keinginan fans yang datang langsung ke Qatar. ”Muchachos, ahora nos volvimos a ilusionar.” Begitu bunyi syair yang dinyanyikan fans. ”Anak-anak muda, harapan kami bangkit lagi”. Dewi fortuna seolah-olah mendengarkan permintaan ”kolosal” fans. Argentina akhirnya menggilas Polandia tanpa ampun. 

Ya, ini adalah cerita tentang si cantik, mungil nomor 10. Ia melangkah keluar melalui hutan kamera dan, ketika sepak bola dimulai, slalom melalui orang Polandia berbaju putih dengan cara yang membuat manajer mereka membandingkannya dengan suasana tahun 80-an dan 90-an. 

Tapi, itu juga cerita tentang negara yang pendukungnya mengungguli yang lain, tiba di lanskap yang aneh dan tandus ini dan mengingatkan kita bahwa di mana pun Piala Dunia digelar, semangat mereka akan konstan. Ketika gol kedua melesat ke gawang seperti rudal, kamera stadion menyorot seorang wanita di nomor mereka yang matanya merah karena air mata. 

Begitulah bagi orang Argentina. Sepak bola lebih penting daripada kehidupan dan ketika mereka menemukan diri mereka menatap laras eliminasi sebelum malam ini dimulai, tidak ada yang bisa menahan emosi. ”Bagi kami, itu adalah hidup atau mati di setiap pertandingan,” sebut Gabriel Calderon, seorang bintang besar tahun 80-an.

Piala Dunia tidak pernah membutuhkan emosi mentah lebih dari yang itu. Kecerdasan dan kilap permukaan Piala Dunia Qatar menampakkan diri ke mana pun Anda memandang. Itu adalah tempat yang putus asa untuk hidup, spontanitas, dan sesuatu yang substansial.

Orang-orang Qatar tampaknya telah memutuskan bahwa diperlukan ”hiburan” stadion pada tingkat desibel yang monumental sehingga setiap pertandingan diawali oleh dua ”presenter” yang berteriak ke mikrofon. Argentina dan pendukung mereka tidak membutuhkan peningkatan. Paduan suara telah mencapai nada penuh satu jam sebelum ini dimulai.

Optimisme mereka dibangun di atas keyakinan bahwa kemuliaan tertulis pada bintang-bintang untuk Lionel Messi kali ini. Pembicaraan mereka tentang la milesmia –yang keseribu– karena jika tim mereka mencapai final, itu akan menjadi pertandingan ke-1.000 sang maestro.

Ia tidak mengecewakan mereka. Inilah sekilas pertama dari puncak, Messi antik –mengikat ke bola dan bergemuruh ke lari 20 yard yang akan diputar ulang berulang-ulang ketika ia sudah lama pergi. Ada kegembiraan untuk menyaksikan itu yang tidak terlihat Sabtu lalu saat mengalahkan Meksiko.

Dukungan Argentina bahkan membawa sistem VAR yang buruk ke dewa, melalui reaksi mereka terhadap penalti yang meragukan yang dimenangkan legenda mereka, Messi. Itu adalah listrik ketika itu disebut menguntungkan mereka. Reaksinya tidak kalah hebatnya ketika keadilan ditegakkan dan ia gagal mengeksekusi penalti.

Tim Qatar mengulang salah satu upaya awal Messi –tembakan tiang dekat yang digagalkan Wojciech Szcesny– dalam format video game di layar stadion. ”Replay rekreasi virtual” mereka menyebutnya begitu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: