Awan Panas Semeru Mengarah ke Malang

Awan Panas Semeru Mengarah ke Malang

Peta Gunung Semeru. Awan panas gugurannya mengarah ke Malang Selatan.-Google Map-

LUMAJANG, HARIAN DISWAY - Gunung Semeru mengalami erupsi lagi tepat setahun dari letusan sebelumnya, Minggu, 4 Desember 2012. Letusan terjadi pukul 02.46 WIB dini hari. 

Awan panas mengarah ke wilayah Malang selatan. Hujan abu bakal sampai ke wilayah tersebut. 

Seperti diberitakan sebelumnya, semeru mengeluarkan Awan Panas Gururan  (APG dengan kolom setinggi 1,5 kilometer di atas puncak. Atau 5.176 meter di atas permukaan laut. .  

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam keterangan resminya menulis, sumber APG berasal dari tumpukan material di ujung lidah lava, yang berada sekitar 800 meter dari puncak (Kawah Jonggring Saloko).

Sebelum meletus aktivitas gempa sudah terpantau sejak pukul 00.00. Terjadi delapan kali gempa hingga pukul 06.00.


Erupsi semeru yang terekam kamera CCTV BPBD Lumajang.-BPBD-

Bupati Lumajang Thoriqul Haq, APG meluncur sejauh 10 kilometer. Hingga kini alirannya hanya berdampak ke area pertanian. Tidak ke area permukiman. 

“Semeru mengeluarkan APG dengan jarak tempuh 10 kilometer. Desa yang paling terdampak Supiturang karena itu desa pertama yang di posisi aliran lahar Semeru. Mengarah ke aliran lahar di desa bawahnya yaitu Desa Sumberwuluh,” kata Thoriq.

Sementera itu Curah Kobokan yang digunakan masyarakat untuk lalu lintas darurat dari Lumajang ke Malang saat ini sedang disterilisasi. 

Warga Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo sudah diungsikan ke sekolah-sekolah yang dianggap aman. Tempat tersebut juga digunakan sebagai pengungsian tahun lalu.

Pemkab Lumaajang membangun dapur darurat. Masyarakat diimbau menjauhi area Semeru dengan radius 10 kilometer. Kemungkinan akan ada APG susulan meskipun awan panas itu sudah melandai. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: