Pernah Tembus Sejuta, Harga Buyback Emas Kini Tinggal Rp 882 Ribu Per Gram

Pernah Tembus Sejuta, Harga Buyback Emas Kini Tinggal Rp 882 Ribu Per Gram

Emas Antam/Ilustrasi--

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Harga Emas per 6 Desember 2022 anjlok.  Misalnya harga beli emas PT Aneka Tambang (Antam) yang hari ini turun jadi Rp 984 ribu per gram. Turun 15 ribu dari hari sebelumnya.

Emas terjun bebas setelah sempat menembus Rp 1.004.000 pada 2 Desember 2022. Empat hari kemudian harga konsisten turun.

Harga buyback  atau harga yang digunakan ketika menjual emas kembali juga turun Rp24.000 per gram. Nilainya jadi  Rp882.000 per gram.

Pasar emas melemah karena sektor jasa Amerika Serikat menguat. Harga emas yang dihitung pakai dolar langsung merosot ke angka USD 1.800 per ons atau setara Rp 28 juta.

Institute for Supply Management (ISM) AS mengatakan, Indeks Manajer Pembelian Manufaktur AS naik menjadi 56,5 persen. Angka bulan lalu 54,4 persen.

"Pertumbuhan berlanjut pada tingkat yang lebih cepat untuk sektor jasa. Pertumbuhan meningkat karena peningkatan aktivitas bisnis dan pekerjaan," kata Anthony Nieves, ketua Komite Survei Bisnis Layanan ISM.

Melandainya pandemi membuat ekonomi bergairah. Aktivitas industri juga jalan lagi. Pasar emas sebagai safe haven pun tertekan.

Pulihnya sektor ketenagakerjaan AS juga memperlihatkan bukti bahwa AS sudah mengantisipasi resesi yang diprediksi terjadi tahun depan.

Anda sudah tahu: kenaikan suku bunga menjadi musuh utama emas. Ketika suku bunga AS, kilau emas meredup. (*)

Sumber: