Head to Head Portugal Kalah dari Swiss

Head to Head Portugal Kalah dari Swiss

Caption: Ronaldo ketika merayakan lolosnya Portugal ke babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022.-Istimewa-(Instagram/@cristiano)

Head to Head Portugal Kalah dari Swiss

DOHA, HARIAN DISWAY - Portugal bertemu Swiss di 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Qatar. Pertandingan dimulai pukul 02.00 WIB, Rabu, 7 Desember 2022. Siaran langsung bisa ditonton di SCTV, Indosiar, Vidio, Nex Parabola, dan Champions TV.

Statistik head to head menunjukkan bahwa Portugal kalah dengan Swiss. Mereka sudah  25 kali bertemu. Swiss menang 11 kali, sedangkan Portugal hanya 9 kali. Sisanya seri.

Pada Nation League Juni lalu, kedua negara bertemu. Portugal menang 4-1 di Lisbon. Sedangkan swiss menang 1-0 di Jenewa.

Pada Piala Dunia 2022 di Qatar, Portugal lolos dengan enam poin. Mereka mengalahkan Ghana 3-2 dan Uruguay 2-0. Namun, Portugal kalah mengejutkan dari Korea Selatan dengan skor 1-2.

Swiss juga mengoleksi eman poin. Mereka mengalahkan Kamerun dengan skor 1-0 dan Serbia 3-2. Swiss kalah tipis dengan Brazil dengan skor 1-0.

Portugal memang pernah Euro 2016. Naun Ronaldo dkk tak terlalu bersinar dalam Piala Dunia. Mereka pernah tersingkir di fase knock out pada 2010 dan 2018. Mereka bahkan tersingkir dari fase grup pada 2002 dan 2014.

Pencapaian terbaik mereka hanya mencapai semifinal 2006. Kalah tipis dari Prancis dengan skor 1-0. Gol diciptakan Zinedine Zidane di menit 36 lewat tendangan penalti.

Sebaliknya, Swiss selalu lolos ke babak knockout dalam tiga dari empat Piala Dunia terakhir mereka. Namun mereka tak pernah mencapai babak perempat final sejak Piala Dunia 1954. 

Striker Portugal Cristiano Ronaldo begitu berharap bisa mengangkat trofi di Piala Dunia terakhirnya ini. 

Ia juga memiliki misi pribadi untuk  menyamai rekor Portugal untuk gol Piala Dunia terbanyak yang selama ini dipegang oleh Eusebio dengan sembilan gol. Sampai saat ini Ronaldo baru mengoleksi 8 gol.


Xherdan Shaqiri usai merayakan gol untuk Swiss di Piala Dunia Qatar 2022.-AP Photo-

Sementara itu, penyerang Swiss Xherdan Shaqiri juga memiliki misi pribadi yang sama. Ia butuh satu gol lagi untuk menyamai gol Piala Dunia terbanyak Swiss yang dipegang Sepp Huegi yang mengoleksi enam gol yang semuanya tercipta pada Piala Dunia 1954.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: