Cheng Yu Pilihan Hendra Tan: Min Yi Shi Wei Tian

Cheng Yu Pilihan Hendra Tan: Min Yi Shi Wei Tian

Cheng yu Hendra Tan--

SIMA Qian 司马迁 (145-86 SM), sejarawan masyhur yang hidup pada era dinasti Han, menuliskan kata-kata begini dalam Shiji (史记), mahakaryanya yang banyak dirujuk sampai sekarang:

"王者以民为天,民以食为天,能知天之天者,斯可矣。"

Terjemahan bebasnya kira-kira: "Bagi pemimpin, rakyat adalah yang utama. Tapi, bagi rakyat, yang terpenting adalah bisa makan. Barang siapa bisa mengetahui apa yang paling dipentingkan oleh rakyat ini, maka dialah yang kelak akan menjadi pemimpin."

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Rolland J. Sebastian: Fu Sheng Yu Wei

Memang, terlebih bagi masyarakat kecil di desa, tapi mungkin juga bagi kaum miskin kota, yang jadi pokok perhatian mereka ialah besok bisa makan atau tidak; bukan kebebasan atau keinginan-keinginan politis lain sebagaimana yang diidamkan kelompok elite.

Makanya, begitu ada calon pemimpin yang dipandang bisa menyelesaikan permasalahan pangan, kemungkinan besar mereka akan memilihnya. Kendati, siapapun yang jadi pemimpin, agaknya rakyat makin sadar bahwa problem kemiskinan dan masalah perut mereka, tetap harus mereka sendiri yang mencari jalan keluarnya.

Tentu, sebagaimana diakui Mao Zedong, "Masalah terbesar di dunia ini ialah masalah makan" (世界上 ... 吃饭问题最大 shìjiè shàng ... chīfàn wèntí zuì dà). 

Karena itu, diperlukan koordinasi antarpihak berkepentingan. Petani, misalnya, mesti disejahterakan dengan harga gabah yang sesuai dengan kerja keras mereka. Konsumen pun demikian: mesti mendapat harga beras yang terjangkau oleh kantong mereka.

Di situlah peran Hendra Tan, produsen beras merek Sumo asal Jombang, diperlukan. (*)

 

 

 

 

 

Sumber: