Kiper Legendaris Brasil Ambil Bagian di Piala Dunia 2022

Kiper Legendaris Brasil Ambil Bagian di Piala Dunia 2022

Jadi juru selamat Brasil di Piala Dunia 1994, Claudio Taffarel kini jadi mentor bagi trio kiper Brasil di Piala Dunia 2022--EFE

DOHA, HARIAN DISWAY - Kiper utama Brasil Alisson Becker masih remaja ketika menyaksikan negaranya menjuarai Piala Dunia 1994. Ia menyaksikan aksi heroik Claudio Taffarel saat menepis tendangan penalti Daniele Massaro di final melawan Italia.

Taffarel menjelma jadi idola anak-anak Brasil yang ingin menjadi penjaga gawang. Tak terkecuali Alisson.

"Saya biasa berteriak 'Taffarel!', itu adalah sesuatu yang bukan hanya menandai (kenangan) masa kecil saya, tetapi juga banyak orang Brasil," kata Alisson kepada Globo Esporte.

Hampir tiga dekade setelah membantu Brasil memenangkan Piala Dunia keempat mereka, Taffarel kembali ambil bagian di timnas Brasil dalam perjalanan mencari trofi Jules Rimet keenam mereka. Dirinya ditugaskan untuk menempa Alisson, Ederson, dan Weverton guna mengulang kenangan manis 28 tahun silam.

Semua fokus tertuju pada lini serang Selesao –sebutan timnas Brasil– mengerikan. Tanpa disadari, Brasil memiliki trio kiper terbaik dibanding tim mana pun di Qatar. Ketiganya juga berada di tangan yang tepat.

"Dia adalah referensi bagi kami," ucap Alisson.

"Yang benar-benar mengejutkan saya adalah ketika saya mulai bekerja dengannya di tim nasional. Dengan cara dia menularkan pengetahuannya secara alami, tanpa dipaksa. Dia memberikan pengaruh besar pada perkembangan saya sebagai penjaga gawang," tambah kiper yang setia membela Liverpool sejak 2018 itu.

Sebagai seorang pelatih, Taffarel berevolusi untuk mengikuti perkembangan zaman penjaga gawang modern. Ia sering menonton video latihan dari pelatih kiper lainnya untuk belajar dari mereka dan menyesuaikan sesinya sendiri. 

"Kami ingin menyelesaikan pertandingan tanpa kebobolan karena ketika Anda tidak kebobolan, Anda akan lebih tenang dalam menyerang," tutur pria 56 tahun itu.


Brazil punya trio penjaga gawang paling bagus dibandingkan tim mana pun di turnamen. Baik Alisson, Ederson, Weverton sudah mencatat menit bermain di Piala Dunia 2022. Ketiganya juga berada di bawah mentor yang tepat, Claudio Taffarel.--

Dalam perjalanan ke Piala Dunia, Brasil hanya kebobolan lima gol dalam 17 pertandingan kualifikasi. Taffarel juga mendapatkan keinginannya untuk melakukan rotasi di antara semua penjaga gawangnya.

Tapi untuk Piala Dunia di Qatar, Alisson jadi pilihan pertama. Kiper lain bukan tak dapat kesempatan. Ederson tampil sejak sepak mula dalam laga pamungkas grup melawan Kamerun, sementara Weverton turun dari bangku cadangan saat melawan Korea Selatan. 

"Kami seperti keluarga di mana setiap orang peduli dan menghormati satu sama lain, dan kami mendapatkan hasil di lapangan, yang merupakan hal utama," kata Weverton, kiper milik kampiun Brasil Palmeiras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: