Kota Pasuruan Peringkat Pertama Indeks Pencegahan Korupsi

Kota Pasuruan Peringkat Pertama Indeks Pencegahan Korupsi

WALI KOTA Pasuruan Saifullah Yusuf (kanan) bersama Ketua KPK Firli Bahuri. -istimewa-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Kota Pasuruan mendapatkan penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai peringkat pertama kategori kota dalam peningkatan indeks pencegahan korupsi Monitoring Center for Prevention (MCP). Peningkatan MCP itu mencapai 37,46.

”Alhamdulillah, KPK menilai indeks pencegahan korupsi (MCP) Kota Pasuruan naik cukup tajam dengan peningkatan mencapai 37,46. Dulu nilai kita hanya 44, sekarang jadi 82 lebih,” kata Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) seusai menerima penghargaan di acara puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat, 9 Desember 2022.

Penilaian itu merupakan kinerja Pemkot Pasuruan di tahun 2021. Sedangkan penilaian tahun 2022 akan diberikan tahun depan. ”Insya Allah, berkat arahan KPK yang selama ini selalu membimbing kami, tahun depan nilainya akan meningkat lagi,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul mengatakan, capaian itu merupakan buah kebersamaan dan komitmen seluruh perangkat yang ada di bawahnya dalam rangka mencegah korupsi. ”Terima kasih kepada Wawali, Sekda, para asisten, khususnya inspektorat dan segenap OPD yang berperan aktif atas capaian MCP yang meningkat cukup tajam,” ujar Gus Ipul.

MCP merupakan sebuah aplikasi atau dashboard yang dikembangkan KPK untuk melakukan monitoring capaian kinerja program pencegahan korupsi melalui perbaikan tata kelola pemerintahan yang dilaksanakan pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Selain penilaian MCP yang sangat baik, Kota Pasuruan memiliki SPI (survei penilaian integritas) yang juga baik. SPI juga dilakukan KPK untuk menyurvei integritas perangkat di seluruh Indonesia

”Insya Allah SPI kita juga meningkat. Terima kasih kepada BKD dan semua OPD yang telah meningkatkan nilai meritokrasi kita. Kabag Organisasi dan Bapelitbangda serta OPD terkait atas peningkatan capaian SAKIP kita,” ujar Gus Ipul.

Segala capaian itu, dinilai Gus Ipul, sebagai kado terindah dalam memasuki akhir tahun 2022. Segenap usaha akhirnya membuahkan hasil. ”Ini kado akhir tahun,” ujarnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: