Kota Pasuruan Meraih Penghargaan Meritrokrasi dari KASN

Kota Pasuruan Meraih Penghargaan Meritrokrasi dari KASN

WAWALI Pasuruan Adi Wibowo menerima penghargaan meritokrasi dari KASN.-istimewa-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Pemerintah Kota Pasuruan kembali meraih  penghargaan skala nasional. Yakni, penghargaan meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Abdullah Azwar Anas di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis, 9 Desember 2022. 

Ditemui seusai acara, Wakil Wali Kota Pasuruan Mas Adi mengungkapkan, ada 174 instansi pemerintah di seluruh Indonesia yang mendapatkan penghargaan. Dengan perincian, 144 instansi pemerintah mendapatkan kategori ”Baik” dan 30 instansi pemerintah mendapatkan kategori ”Sangat Baik”.

”Alhamdulillah, Pemerintah Kota Pasuruan mendapatkan kategori ’Baik’. Dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. hanya 24 kabupaten/kota yang diundang. Semoga dengan adanya capaian anugerah meritokrasi dengan kategori baik ini, ke depan dapat menjadi ’Sangat Baik’, ujarnya.

Orang nomor dua di Kota Pasuruan itu melanjutkan, sistem merit tersebut merupakan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi. Mas Adi menjelaskan bahwa ada beberapa indikator dalam sistem penilain merit tersebut, termasuk dengan penataan SDM. 

Tidak hanya itu, dalam penilaian sistem merit tersebut digunakan sistem skor dan bobot. Terdapat delapan aspek penilaian. Yakni, perencanaan kebutuhan; pengadaan; pengembangan karier; promosi, mutasi; manajemen kinerja; penggajian; penghargaan, perlindungan, dan pelayanan; serta sistem informasi.

”Capaian ini tentu harus berkorelasi dengan kinerja Pemerintah Kota Pasuruan karena penataannya sudah berdasarkan sistem merit,” jelasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: