Harapan Jazirah Arab dan Afrika di Pundak Maroko

Harapan Jazirah Arab dan Afrika di Pundak Maroko

Tak hanya untuk suporter Maroko, para pemain Maroko asuhan Pelatih Kepala Walid Regragui juga mempersembahkan kemenangan kontra Portugal untuk negara Afrika dan Arab.--Muslim

DOHA, HARIAN DISWAY - Suporter Maroko meledak dalam kegembiraan pada Sabtu, 10 Desember 2022. Ketika tim favorit mereka menjadi negara Afrika dan Arab pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia, mereka memenuhi stadion di Qatar dengan raungan yang memekakkan telinga dan melepaskan sorakan, tangisan, tarian dan nyanyian di jalan-jalan di rumah. 

Casablanca, sebuah kota pelabuhan di Maroko barat, menyaksikan pemandangan kegembiraan saat orang-orang turun ke jalan untuk merayakan kemenangan luar biasa negara mereka melawan rintangan. Orang-orang berpesta, menari, dan merayakan kemenangan sepanjang malam.

“Mereka membuat kami bahagia dan bangga, dan mereka membuktikan bahwa mereka bisa mencapai semifinal. Kenapa tidak? Kami sangat bangga dengan tim yang didukung oleh Afrika dan Arab ini, ” kata Siham Motahir, seorang wanita asal Rabat, Maroko

Kemenangan 1-0 atas Portugal dirayakan lebih jauh, dengan penggemar yang bersemangat dari Abidjan di Pantai Gading hingga Riyadh di Arab Saudi memuji apa yang mereka lihat sebagai kemenangan bersejarah bagi Afrika dan Dunia Arab. 


Kemenangan Maroko jadi kemenangan Negeri Africa dan Arab pula. Warga Tunisia juga ikut merayakan lolosnya Achraf Hakimi dan-kawan-kawan ke semifinal Piala Dunia--BR Football

Kemenangan atas Portugal adalah kemenangan keempat Maroko atas tim top Eropa di turnamen empat tahunan tersebut, sebuah laju yang membawa kegembiraan baik di Maroko maupun bagi orang Afrika dan Arab secara lebih luas. Beberapa tokoh Afrika pun turut mengucapkan selamat kepada Romain Saiss dan kawan-kawan selepas mempermalukan Selesao Portuguesa.

Presiden African Union Macky Sall sampai mencuit di akun Twitter pribadinya menggunakan huruf kapital untuk menekankan kegembiraannya: “SEJARAH! DAN FANTASTIS! ATLAS LIONS LOLOS UNTUK SEMIFINAL PIALA DUNIA! BRAVO MAROKO.”

Mantan bintang sepak bola Pantai Gading Didier Drogba tak mau ketinggalan dalam euforia kemenangan delegasi Afrika mereka. 

“Mereka berhasil!!!! Selamat Maroko untuk prestasi ini. Hidup Afrika,” cuit Drogba melalui akun twitternya.

Sementara ribuan penggemar Maroko telah melakukan perjalanan ke Qatar, yang menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama yang dimainkan di Timur Tengah, para penggemar Maroko mengatakan harapan dan impian terbesar mereka telah terlampaui oleh perjalanan memukau Atlas Lions ke empat besar, Prancis pada Rabu, 14 Desember 2022.

“Ini adalah pertandingan yang hebat, tim Walid Regragui sangat taktis, dan seluruh tim menunjukkan kualitas mereka,” kata penggemar Abdul Aziz dari Souq Waqif, Doha, dimana para pendukung yang tidak dapat membeli tiket untuk tontonan tersebut di Stadion Al Thumama berkumpul untuk menonton pertandingan di televisi.

“Mereka memainkan dua pertandingan berbeda di dua babak, babak pertama adalah babak yang ingin mereka menangkan dengan setidaknya satu gol, dan babak kedua adalah pertunjukan yang sangat taktis. Dan mereka pantas menang” tambah Aziz.


Pecinta sepakbola di Gaza, Palestina juga ikut menyemarakan keberhasilan Maroko di Piala Dunia. Mereka mengadakan nobar di sebuah aula olahraga terbesar disana.--Quds News Network

Sementara di Jalur Gaza, sebuah aula olahraga terbesar di daerah tersebut dipenuhi ribuan orang yang bersorak mendukung Maroko.

Melaporkan dari tempat tersebut, Youmna El-Sayed dari Al Jazeera mengatakan mereka yang berkumpul melihat hasil bersejarah itu sebagai kemenangan untuk “semua negeri Arab”.

“Mereka berteriak, mereka bertepuk tangan, mereka menabuh genderang, mereka bernyanyi. Dan kemudian dengan peluit akhir, ribuan orang turun ke jalan untuk memulai perayaan mereka dan untuk menunjukkan dukungan, kegembiraan dan kebahagiaan mereka untuk Maroko,” katanya.

“Lusinan penggemar yang kami ajak bicara malam ini memberi tahu kami betapa pentingnya pertandingan ini bagi mereka,” tambah El-Sayed. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: