Walid Balboa

Walid Balboa

-Ilustrasi: Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

TIDAK banyak yang mengenal nama Walid Regragui. Tetapi, nama Rocky Balboa? Banyak orang mengenalnya, terutama para penggemar film Hollywood. Rocky Balboa ialah tokoh utama dalam film Rocky yang dibintangi Sylvester Stallone pada 1976. Rocky menjadi salah satu film drama olahraga terbaik sepanjang masa dengan memenangkan tiga penghargaan Oscar.

Apa hubungan Walid Regragui dengan Rocky? Walid, tak syak lagi, sekarang menjadi pelatih sepak bola paling fenomenal dalam pentas Piala Dunia 2022 Qatar. Ia tidak dikenal dan tidak pernah masuk unggulan. Namun, tiba-tiba saja timnas Maroko yang dibesut bisa menumbangkan juara dunia sekelas Spanyol dan juara Eropa 2016 Portugal yang menjadi salah satu favorit juara dunia.

Kekalahan dari Prancis menghentikan mimpi Walid di semifinal. Namun, Walid tidak berhenti. Ia masih ingin menulis sejarah untuk membawa Maroko menjadi juara ketiga dengan mengalahkan Kroasia. Sebuah misi yang berat, tapi Walid adalah Rocky Balboa.

Tidak ada hubungan Walid dengan Rocky. Film itu terlalu usang untuk dikenal generasi milenial. Namun, Walid menyebut Rocky dalam jumpa pers setelah kemenangan sensasional 1-0 atas Portugal. Walid mengirim pesan serius dengan mengutip Rocky Balboa. Pesannya adalah Anda boleh menganggap rendah seseorang, tetapi Anda tidak akan pernah tahu sampai ia membuat kejutan dengan mengalahkan juara dunia.

Rocky Balboa hanya seorang petinju amatir di Philadelphia. Ia terobsesi menjadi petinju profesional, bahkan bermimpi menjadi juara dunia. Namun, hidupnya yang sulit dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan membuat karier tinjunya macet. Ia bekerja sambilan sebagai tukang tagih utang alias debt collector untuk memenuhi kebutuhan hidup. Perjuangannya yang keras akhirnya membawanya menjadi juara dunia.

Kisah Rocky berlanjut sampai lima seri menceritakan keberhasilannya sebagai juara dunia. Walid Regragui mengagumi kegigihan Rocky Balboa dan mengambil inspirasi darinya. Tidak ada yang mustahil dalam olahraga. Walid mengirim kode keras bahwa dengan kerja keras, segala sesuatu akan mungkin.

Walid menegaskan, kemenangan timnya menyingkirkan Portugal bukan sebuah keajaiban. Bagi Walid, kemenangan tersebut merupakan buah kerja keras para pemain Maroko yang tak gentar menghadapi Portugal yang di atas kertas lebih diunggulkan karena kualitas komposisi skuadnya. Itulah semangat Rocky Balboa yang ditanamkan kepada anak asuhnya.

Walid yakin dengan capaian saat ini, Maroko menjadi tim yang paling disukai dan ditunggu-tunggu penampilannya di Piala Dunia 2022. Kemenangan atas Portugal membuat Maroko menorehkan catatan emas sebagai tim Benua Afrika sekaligus tim anggota Liga Negara-Negara Arab pertama yang mencapai babak semifinal Piala Dunia.

Pertandingan semifinal melawan Prancis menjadi pertempuran yang menegangkan. Penyerang Prancis Kylian Mbappe berhadapan dengan bek kanan Maroko Achraf Hakimi. Dua pemain muda itu sama-sama menjadi bintang Piala Dunia Qatar. Mbappe menjadi calon top scorer dengan lima gol yang bersaing dengan Lionel Messi.

Hakimi, tidak pelak, menjadi pemain paling berpengaruh di Maroko meski usianya baru 24 tahun. Pada usia semuda itu, Hakimi menjadi semacam pemimpin spiritual bagi teman-temannya. Ia menjadi inspirator di dalam dan lapangan.

Hakimi dan Mbappe bersahabat akrab. Keduanya sama-sama bermain di klub Paris Saint-Germain (PSG). Keduanya saling menghormati. Ketika Maroko mengalahkan Spanyol dan masuk ke perempat final, Mbappe mendatangi markas Maroko dan mengucapkan selamat kepada Hakimi.

Ketika Maroko mengalahkan Portugal dan masuk ke semifinal untuk menghadapi Prancis, Mbappe mengirim pesan di akun medsosnya, menunggu pertandingan melawan Hakimi. Pada akhirnya Prancis terlalu perkasa untuk Maroko. Dua gol tanpa balas membuat Prancis melaju ke final.

Hakimi berhasil meredam Mbappe, setidaknya Mbappe tidak mencetak gol. Namun, konsentrasi yang berlebihan terhadap Mbappe membuat pemain Maroko lengah, dan akhirnya pemain belakang Theo Hernandez mencetak gol pertama pada menit kelima.

Mbappe tidak mencetak gol, tetapi mengacak-acak pertahanan Maroko pada babak kedua dan memberikan assist kepada Randal Kolo Muani untuk mencetak gol kedua. Maroko lunglai. Hakimi telentang di lapangan setelah peluit panjang berbunyi. Mbappe menghampiri Hakimi. Keduanya berpelukan, kemudian saling bertukar jersey.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: