Siapa Endrick? Bocah 16 Tahun yang Ditebus Real Madrid 72 Juta Euro

Siapa Endrick? Bocah 16 Tahun yang Ditebus Real Madrid 72 Juta Euro

Wonderkid sensasional Brasil Endrick yang masih berusia 16 tahun berhasil memecahkan rekor transfer pemain dibawah 18 tahun. Ia diboyong Real Madrid dengan banderol 72 juta Euro--AS

SAO PAULO, HARIAN DISWAY - Endrick Felipe Moreira de Sousa, lebih dikenal sebagai Endrick memang baru berusia 16 tahun. Tetapi, pemain yang berposisi sebagai penyerang tersebut telah menarik perhatian klub-klub besar di Eropa. Kini, hatinya telah berlabuh ke klub Spanyol Real Madrid.

Madrid telah menyelesaikan penandatanganan bocah ajaib Palmeiras: Endrick. Kabar resminya perpindahan penerus Neymar itu telah dikonfirmasi Madrid. Namun karena terbentur regulasi usia, remaja 16 tahun tersebut tidak akan bisa pindah ke ibu kota Spanyol hingga Juli 2024.

Ini adalah kesepakatan besar yang menyoroti potensi Endrick. Madrid dilaporkan akan membayar 60 juta Euro plus pajak –yang akan membuat transfer bertambah menjadi 72 juta Euro– ke Palmeiras. Nilai transfer pemain kelahiran Brasilia tersebut menjadi yang termahal dalam sejarah di kelas U-18, menyalip dua seniornya Vinicius Jr dan Rodrygo.

Madrid bukannya tanpa saingan dalam percobaan memboyong sang sensasi Palmeiras. Chelsea, Barcelona, dan Paris Saint-Germain juga menunjukkan minat pada Endrick. Bahkan, tawaran Paris Saint-Germain malah sempat ditolak Palmeiras bulan lalu.

Menurut ESPN, PSG bersedia membayar €80 juta untuk Endrick dan rekannya Estêvão yang satu tahun lebih muda, yang masih bermain untuk Palmeiras U17. Tetapi klub yang berbasis di São Paulo itu menginginkan setidaknya €60 juta untuk Endrick seorang diri, sesuai dengan release clause-nya. 

Kemudian pada akhir November, keluarga Endrick mengadakan pertemuan dengan Real Madrid yang menghasilkan terobosan dalam negosiasi. 

Namun, akhirnya Los Blancos –sebutan Madrid– lah yang telah memenangkan perlombaan untuk tanda tangan Endrick. Sang jawara Eropa memagari talenta Endrick dengan kontrak tiga tahun dengan opsi tambahan selama tiga tahun.

Ayah Endrick, Douglas, membenarkan bahwa keluarganya sempat duduk bersama para petinggi Madrid. 

“Setelah pembicaraan itu, Real Madrid akan menunggu jawaban kami untuk melihat apakah mereka akan mengajukan penawaran ke Palmeiras,” kata Douglas.

Anak muda Palmeiras ini baru memainkan 306 menit dalam tujuh pertandingan Serie A Brasiliero 2022, yang dilengkapinya dengan tiga gol dan satu assist.

Sementara dalam lima tahun untuk klub di level junior, dirinya mencetak 165 gol yang luar biasa dalam 169 pertandingan, termasuk tujuh dari tujuh selama Sao Paulo Youth Football Cup 2022, yang jadi panggung Endrick untuk benar-benar menarik perhatian dunia.

Dilaporkan bahwa Real begitu putus asa untuk mengontrak pemain muda itu sehingga mereka berjanji kepadanya bahwa mereka tidak akan mengontrak Erling Haaland.

Penyerang Manchester City itu dilaporkan memiliki klausul rilis transfer yang berlaku pada 2024 dan tim Carlo Ancelotti akan menjadi favorit

Namun, tersedianya Endrick untuk hadir menghiasi lini depan Los Blancos pada 2024 bisa membuat mereka tidak perlu merekrut striker lain, karena dirinya berharap bisa langsung mendapatkan tim utama.

Keputusan untuk membuat langkah besar untuk Endrick menjadi lanjutan dari kebijakan Real baru-baru ini untuk merekrut talenta muda terbaik dari Brasil.


Belum lama diumumkan sebagai rekrutan anyar Madrid, Endrick (kiri) langsung kongkow dengan seniornya Vinicius Jr--Brasil Edition

Tampaknya, kebijakan itu berasal dari keinginan mereka untuk memastikan mereka tidak melewatkan 'The Next Neymar', setelah melihat mantan bintang Santos itu melipir ke Barcelona ketika dia pindah ke Eropa, kendati Madrid juga meminatinya.

Dalam beberapa tahun terakhir mereka telah menghabiskan banyak uang untuk bakat alami Brasil seperti Vinicius Jr, Rodrygo dan Reiner.

Endrick telah banyak dikaitkan dengan Real dalam beberapa pekan terakhir dan kepindahannya ke Estadio Santiago Bernabeu tampaknya tak terelakkan, yang mungkin menjelaskan aktivitas media sosialnya.

Kendati baru bisa bergabung dalam skuad pada 2024, Endrick sudah mulai membiasakan diri mengelola akun sosmed-nya ala pemain Madrid. Pasca diresmikan, Endrick seketika menghapus postingan yang memuji Lionel Messi, karena reaksi dari beberapa fans Real, mengingat hubungan bintang Argentina itu dengan rival mereka Barcelona. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: