Toto Wolff Disebut sebagai Team Principal F1 dengan Gaji Tertinggi

Toto Wolff Disebut sebagai Team Principal F1 dengan Gaji Tertinggi

Toto Wolf menjabat sebagai CO-CEO F1 Mercedes-AMG--https://twitter.com/MercedesAMGF1/status/1602638985645408258?s=20&t=8oeH04CY9vXGzlQt4gCx9g

Formula Satu (F1) selalu terkenal sebagai olahraga yang glamor dan diselimuti banyak uang. Hal ini terjadi akibat banyaknya sponsor yang masuk, aturan-aturan, hingga gaya hidup pembalapnya.

Perihal gaji, tidak hanya pembalap saja yang pendapatannya cukup wow. Team principal pun sama. Orang yang berperan penting dalam mengurus manajerial tim baik internal dan eksternal juga tak kalah mahal. Apalagi team principal yang punya nama besar atau mereka yang berada di tim besar.

Dilansir dari data Sportune, team principal Mercedes Toto Wolff diklaim punya gaji minimum tahunan yang fantastis. Nilainya sebesar 16 juga Euro (setara 13,9 juga GBP). Jumlah itu menempatkan Toto Wolff di posisi pertama team principal dengan gaji terbanyak di F1.

Toto juga berhak atas bonus performanya dari kemenangan tim, kejuaraan, dan yang lainnya. Contohnya, bos Mercedes itu bisa menerima bonus 200 ribu USD dari setiap podium yang diperoleh pembalap Mercedes. Bonus 10 juga USD juga akan diberikan kepadanya jika Mercedes memenangkan kejuaraan F1. Bonus itu bisa lebih tinggi daripada gaji Toto.

Team principal nomor dua diraih oleh Red Bull. Meraih gelar dunia back-to-back sekaligus meraih trofi konstuktor pertama kalinya sejak 2013, Christian Horner saat ini menerima antar 8-12 juga Euro. Setara 6,97-10,4 juta GBP.

Tak seperti Toto, Horner tidak memiliki saham kepemilikan di Red Bull Racing. Ia saat ini telah melakoni perannya sejak 2005 dan meraih banyak kesuksesan bersama tim "banteng merah". Di usianya yang cukup belia, ia menjadi team principal termuda dalam sejarah F1 yang memenangkan kejuaraan konstruktor.

Berkat tangan dinginnya itu, Red Bull telah meraih total lima kejuaraan pembalap dunia dan empat kejuaraan dunia konstruktor. Sampai musim ini, tidak ada tanda-tanda Horner akan melambat dari rival-rivalnya.

Dikutip dari sumber yang berbeda, yakni formulapedia, Mattia Binotto mendapatkan gaji tahunan sebesar 3 juta USD dari Ferrari musim ini. Angka itu menempatkan Binotto berada di antara lima atau bahkan tiga bayaran team principal dengan gaji tertinggi di F1. Selain gaji, ia juga mendapatkan tunjangan dan bonus lain yang dapat menambah tebal dompetnya.

Binotto adalah salah satu orang yang berpengaruh di Ferrari. Bergabung sejak 1995, ia telah memainkan peran vital sebagai teknisi. Ia menjadi team principal sejak musim balap 2019. Sebelum akhirnya terdepak di akhir tahun ini.

Setelah adanya bursa transfer tim principal di winter break beberapa waktu lalu, tiga nama yang berpindah seragam, Fred Vasseur, Anderas Seidl dan Andera Stella disebut bisa mengantongi sekitar 6-8 juta Euro.(Affan Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: