Mabuk Bayam di Australia

Mabuk Bayam di Australia

Warga Sydney, Australia, memilih bayam dalam kemasan di salah satu supermarket. Sayuran itu mengandung vitamin K.-Xinhua-

SYDNEY, HARIAN DISWAY - Kalau orang Jawa bilang: mendem bayem. Ya, mabuk bayam. Itulah yang melanda lebih dari 160 orang di Australia. South China Morning Post merilis berita bahwa orang-orang itu sampai mengalami halusinasi mengerikan akibat keracunan bayam.

 

’’Pandangan korban kabur. Gelisah. Bingung. Mengalami halusasinasi,’’ kata Darren Robert, direktur Poisons Information Center, New South Wales, Senin, 19 Desember 2022, seperti dilansir New York Times.

 

’’Dan halusinasinya mengerikan, lho. Enggak lucu,’’ kata Robert.

 

Washington Post menulis gejala-gejala lain yang lebih parah. Korban pusing, tidak bisa berdiri, pandangan kabur, dan susah bernapas.

 

Seorang perempuan mengaku kebas sekujur badan. Tidak bisa merasakan apa pun. Itu setelah dia makan 200 gram sayur bayam.

 

Korban lain merasakan kebingungan, pupil mata membesar, detak canting kencang, wajah merah, serta kulit dan mulut kering. Itu berdasar data dinas kesehatan setempat.

 

Situs NSW Health memaparkan data bahwa ada 164 orang yang keracunan. Sedangkan 42 orang lain masih diawasi karena mengalami gejala-gejala yang sama.

 

Aparat setempat tidak bisa melacak di mana bayam itu tumbuh. Juga bagaimana tanaman itu bisa mengandung racun. Yang jelas, semua gejala itu disebabkan oleh tanaman yang sama. Setidaknya, sama-sama dari satu lahan pertanian.

 

Pengujian sudah dilakukan. Tetapi, hasilnya belum dirilis ke publik.

 

Kini, badan berwenang sudah menarik 13 produk bayam kemasan. Di antaranya dari Riviera Fresh, Fresh Salad Co, Wollwortht, dan Coles.

 

Memang, penyebab mendem bisa bermacam-macam. Tetapi, baru kali ini ada mendem bayem… (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: