Studi AS: Musik Bisa Mengaktifkan Saraf Otak, Ini Lima Rekomendasi Lagu saat Nugas

Studi AS: Musik Bisa Mengaktifkan Saraf Otak, Ini Lima Rekomendasi Lagu saat Nugas

Ilustrasi bekerja sambil mendengarkan musik.-thinkstock-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Studi menyebutkan bahwa musik bisa mengaktifkan fungsi saraf otak saat didengarkan sambil bekerja atau mengerjakan tugas. Namun, musik yang didengarkan tak boleh sembarangan. Kalau salah pilih lagu, jatuhnya malah tidak konsentrasi.

Studi University Health News di Amerika Serikat menyebutkan bahwa saraf otak menjadi lebih aktif saat mendengarkan musik. Sinyal listrik dari saraf merangsang hubungan otak kanan dan kiri. 

Hasilnya, otak yang terkait dengan proses emosional, kognitif, dan memori jadi menyatu. Dengan kata lain, musik mampu meningkatkan suasana hati ketika sedang nugas atau bekerja. 

Studi lain menunjukkan bahwa partisipan yang diminta belajar sambil mendengarkan musik menunjukkan performa akademis yang lebih unggul ketimbang peserta yang bekerja tanpa musik. 

Mendengarkan musik ini sangat efektif jika dilakukan di tempat ramai. Musik bisa memblokir kebisingan agar otak lebih fokus. Penggunaan earphone atau headphone sangat disarankan.

Lagu yang direkomendasikan adalah musik klasik atau musik yang sudah dihafal. Jangan mainkan musik yang tidak dikenal, karena itu bakal memecah konsentrasi anda.

 

Berikut rekomendasi 5 lagu yang bisa didengarkan sambil nugas:

1. Tulus – Manusia Kuat


Lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi bernama “Tulus” ini menggambarkan orang yang selalu bersemangat dalam menjalankan apapun. Jadi, lagu ini cocok untuk membuat kamu termotivasi dan juga semangat dalam mengerjakan tugas.

 

2. Blackpink – DuDuDu



Pasti banyak yang tidak asing lagi dengan lagu yang dinyanyikan oleh salah satu idol asal Korea itu. Lagu yang berjudul Du Du Du ini sangat cocok didengarkan karena genre lagu itu energik, jadi semangat belajar jadi meningkat. Yang penting mengerjakan tugasnya tidak sambil joget. Hehehe..

 

3. Fourtwnty – Tenang



Lagu ini cocok banget buat kalian yang lagi belajar atau mengerjakan tugas. Irama mellow-nya membuat pikiran rileks. Biar tidak ngantuk, mengerjakan tugasnya bisa sambil ngopi. 

 

4. Chrisye – Diskoria



Walaupun lagu ini bercerita tentang “cinta”, tetapi masih cocok didengarkan kok karena masih masuk dalam lagu yang semangat jadi bisa menambah semangat kalian dalam belajar.

 

5. Rizky Febian – Terlukis Indah



Ya, walaupun lagu ini terbilang masuk dalam cinta-cintaan, tetapi bisa menambah mood lebih baik lagi dan makin semangat buat belajar. (*)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: