Semusim Lagi untuk Messi

Semusim Lagi untuk Messi

PSG mengunci sang megabintang Lionel Messi setidaknya hingga tahun 2024. Kesepakatan verbal telah terjadi selama gelaran Piala Dunia di Qatar.--433

PARIS, HARIAN DISWAY - Lionel Messi telah mencapai kesepakatan verbal dengan Paris Saint-Germain (PSG) untuk tetap setia bersama klub setidaknya hingga musim 2023/2024 seperti dilansir harian Prancis Le Parisien. Pemilik tujuh gelar Ballon d’Or tersebut layaknya Anggur Cheval Blanc: makin tua, makin ciamik.

Big deal bagi PSG. Sebab, penyerang 35 tahun itu sedang jadi sorotan mata dunia setelah membantu Argentina mengangkat trofi Piala Dunia dengan mengalahkan Prancis melalui adu penalti di final pada Minggu.

Gelar itu membuat nama Messi sejajar dengan pendahulunya, Mario Kempes dan Diego Maradona, yang juga mengangkat trofi Jules Rimet. Sekaligus, memastikan Argentina punya tiga bintang di atas logo federasi mereka.

Kabar perpanjangan kontrak La Pulga –julukan Messi– itu bak mempertegas realitas: Messi kembali ke Barcelona adalah utopia.

Setelah banyak rumor seputar kemungkinan kembali ke Barcelona atau bahkan pindah ke Inter Miami, Messi tidak akan kembali ke Catalan atau terbang ke Negeri Paman Sam.

Kontrak Messi dengan PSG akan berakhir pada 30 Juni 2023. Itu berarti, ia bebas untuk menandatangani kontrak dengan siapa pun di bulan Januari. Jawara Prancis itu akhirnya mengunci kesepakatan dengan Messi agar bertahan setahun lagi.

Surat kabar Prancis Sport bahkan mengeklaim bahwa kedua pihak mendiskusikannya selama gelaran Piala Dunia. Ayah sekaligus agen Messi, Jorge, mengadakan pertemuan dengan Nasser Al-Khelaifi di Doha untuk membahas detailnya.

Perlu diingat bahwa Direktur Teknik Luis Campos-lah yang memulai proses perpanjangan kontrak Messi, yang pada dasarnya telah disepakati secara nonformal sebelum Piala Dunia.


Bos PSG Nasser Al-Khelaifi dan Messi selepas partai puncak kemenangan Argentina atas Prancis di Doha, Qatar--PSG

Karena itu, PSG mampu mengungguli Inter Miami dan Barcelona yang merupakan dua klub difavoritkan untuk mendatangkan pemain terbaik Piala Dunia 2022 tersebut selain PSG.

Setelah musim pertama yang mengecewakan di PSG, jati diri Messi yang asli kini tampaknya telah tiba di Ligue 1. Ia akan membentuk trio maut dengan Kylian Mbappe –rivalnya dalam duel legendaris di partai puncak Piala Dunia– dan penyerang Brasil Neymar. 

Setelah 15 pertandingan dimainkan, PSG unggul lima poin di puncak klasemen dengan mencetak 43 gol dan hanya kebobolan 9 gol. PSG finis kedua di babak penyisihan grup Liga Champions di belakang Benfica dan kini akan menghadapi Bayern Munich di babak 16 besar. 

Musim ini Messi telah terlibat dalam 26 gol PSG, dengan mencetak 12 gol dan 14 assist. Artinya, hanya Neymar (27) dan Cody Gakpo (30) dari PSV Eindhoven yang terlibat dalam lebih banyak gol di liga top Eropa.

Laporan menyatakan, saat penandatanganan Messi pindah ke ibu kota Prancis dari Barcelona pada musim panas 2021, ia telah menyetujui kontrak dua tahun dengan PSG yang menghasilkan gaji bersih tahunan USD 41 juta, termasuk bonus. Kontrak tersebut juga mencakup opsi untuk tahun ketiga.

Selain itu, sebuah laporan The Athletic menyatakan, kontraknya termasuk bonus penandatanganan hampir USD 30 juta, sementara Forbes melaporkan bahwa pemain tersebut juga akan mendapatkan potongan hak citra pemain, termasuk penjualan jersey, yang berpotensi meningkatkan gaji tahunannya hingga kisaran USD 75 juta.

Itu adalah kontrak besar untuk pemain mana pun, apalagi untuk penyerang yang telah berusia 35 tahun. Terasa ”murah” bagi PSG kalau pada akhirnya sang GOAT (Greatest of All Time) bisa membawa klub ibu kota Prancis mengangkat Si Kuping Besar alias trofi Liga Champions. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: