Isi Lengkap Surat Terakhir Paus Benediktus XVI

Isi Lengkap Surat Terakhir Paus Benediktus XVI

Paus Emeritus Benediktus XVI-Instagram-

VATIKAN, HARIAN DISWAY - Paus Benediktus XVI tutup usia, Sabtu, 31 Desember 2022 di Biara Mater Ecclesiae Vatikan pukul 09.34 waktu setempat. Di surat terakhir yang ia tulis pada 6 Februari 2022, ia menyinggung soal umur panjang hingga ajal yang semakin dekat.

Surat itu ditulis Paus Benediktus XVI usai mendakat tekanan besar. Ia dianggap gagal mengambil tindakan terhadap pastor dalam empat kasus dugaan pelecehan seksual di keuskupan agung ketika dia menjadi Uskup Agung Munich. 

Dalam surat itu ia memberikan dukungan dan apologi untuk para korban pelecehan seksual.

Berikut isi surat lengkap yang diterbitkan press.vatican.va:


Surat terakhir Paus Benediktus XVI 6 Februari 2022.-press.vatican.va-

Surat Paus Emeritus Benediktus XVI mengenai laporan pelecehan di Keuskupan Agung Munich-Freising, 6 Februari 2022

Kota Vatikan, 6 Februari 2022

Saudara dan saudari yang terkasih,

Menyusul pemaparan laporan tentang pelecehan di Keuskupan Agung Munich-Freising pada 20 Januari lalu, saya merasa perlu menyampaikan pesan pribadi kepada Anda semua. Meskipun saya mantan Uskup Agung Munich dan Freising selama kurang dari lima tahun, saya terus merasa menjadi bagian dari Keuskupan Agung Munich dan menganggapnya sebagai rumah.

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus. Di hari-hari ini yang ditandai dengan pendalaman hati nurani dan perenungan, saya dapat merasakan persahabatan dan dukungan yang lebih besar, dan tanda-tanda kepercayaan, daripada yang pernah saya bayangkan. Saya ingin berterima kasih secara khusus kepada kelompok kecil teman-teman yang tanpa pamrih menyusun atas nama saya kesaksian saya setebal 82 halaman untuk firma hukum Munich, yang tidak dapat saya tulis sendiri. Selain menjawab pertanyaan yang diajukan oleh firma hukum, itu juga menuntut membaca dan menganalisis hampir 8.000 halaman dokumen dalam format digital. Para asisten tersebut kemudian membantu saya mempelajari dan menganalisis hampir 2.000 halaman pendapat ahli. Hasilnya akan dipublikasikan sebagai lampiran surat saya.

Di tengah kesibukan masa itu - perkembangan sikap saya - terjadi kekeliruan terkait keikutsertaan saya dalam rapat kanselir 15 Januari 1980. Kesalahan ini, yang sayangnya terbukti benar, tidak disengaja dan saya harap dapat dimaafkan. Saya kemudian mengatur agar Uskup Agung Gänswein mengumumkannya dalam pernyataan pers 24 Januari lalu. Sama sekali tidak mengurangi kepedulian dan ketekunan yang, bagi teman-teman itu, telah dan terus menjadi keharusan yang nyata dan mutlak. Bagi saya terbukti sangat menyakitkan bahwa kekeliruan ini digunakan untuk meragukan kebenaran saya, dan bahkan mencap saya pembohong. Pada saat yang sama, saya sangat tersentuh oleh berbagai ekspresi kepercayaan, kesaksian yang tulus dan surat dorongan yang dikirimkan kepada saya oleh begitu banyak orang. Saya sangat berterima kasih atas kepercayaan, dukungan, dan doa yang diungkapkan secara pribadi oleh Paus Fransiskus kepada saya. Terakhir, saya ingin berterima kasih kepada keluarga kecil di Biara Mater Ecclesiae, yang persekutuan hidupnya di saat suka dan duka telah memberi saya ketenangan batin yang mendukung saya.

Nah, untuk kata-kata terima kasih ini, tentu juga harus diikuti dengan pengakuan. Saya semakin dikejutkan oleh fakta bahwa hari demi hari Gereja memulai perayaan Misa Kudus - di mana Tuhan memberikan kepada kita firman-Nya dan diri-Nya sendiri - dengan pengakuan dosa-dosa kita dan permohonan pengampunan. Kami secara terbuka memohon kepada Allah yang hidup untuk mengampuni [dosa yang telah kami lakukan melalui] kesalahan kami, melalui kesalahan kami yang paling menyedihkan. Jelas bagi saya bahwa kata "paling menyedihkan" tidak berlaku setiap hari dan untuk setiap orang dengan cara yang sama. Namun, setiap hari mereka membuat saya mempertanyakan apakah hari ini juga saya harus berbicara tentang kesalahan yang paling menyedihkan. Dan mereka memberi tahu saya dengan penghiburan bahwa betapapun besarnya kesalahan saya hari ini, Tuhan mengampuni saya, jika saya dengan tulus membiarkan diri saya diperiksa oleh-Nya, dan benar-benar siap untuk berubah.

Dalam semua pertemuan saya, terutama selama banyak Perjalanan Apostolik saya, dengan para korban pelecehan seksual oleh para imam, saya telah melihat secara langsung akibat dari kesalahan yang paling menyedihkan. Dan saya telah memahami bahwa kita sendiri ditarik ke dalam kesalahan yang menyedihkan ini setiap kali kita mengabaikannya atau gagal menghadapinya dengan ketegasan dan tanggung jawab yang diperlukan, seperti yang terlalu sering terjadi dan terus terjadi. Seperti dalam pertemuan-pertemuan itu, sekali lagi saya hanya bisa mengungkapkan kepada semua korban pelecehan seksual rasa malu saya yang mendalam, kesedihan saya yang dalam dan permintaan maaf saya yang tulus. Saya memiliki tanggung jawab besar di Gereja Katolik. Yang lebih besar adalah rasa sakit saya atas pelanggaran dan kesalahan yang terjadi di tempat-tempat berbeda itu selama masa mandat saya. Setiap kasus pelecehan seksual sangat mengerikan dan tidak dapat diperbaiki. Para korban pelecehan seksual memiliki simpati saya yang terdalam dan saya merasa sangat sedih untuk setiap kasus.

Saya semakin menghargai rasa muak dan takut yang dirasakan Kristus di Bukit Zaitun ketika dia melihat semua hal mengerikan yang harus dia tanggung di dalam. Sedihnya, fakta bahwa pada saat-saat itu para murid tertidur mewakili situasi yang, hari ini juga, terus berlangsung, dan saya juga merasa terpanggil untuk menjawabnya. Jadi, saya hanya bisa berdoa kepada Tuhan dan meminta semua malaikat dan orang suci, dan Anda, saudara dan saudari terkasih, untuk mendoakan saya kepada Tuhan Allah kita.

Segera, saya akan menemukan diri saya di hadapan hakim terakhir dalam hidup saya. Meskipun, ketika saya mengingat kembali umur panjang saya, saya dapat memiliki alasan yang kuat untuk takut dan gentar, saya tetap bergembira, karena saya percaya dengan teguh bahwa Tuhan bukan hanya hakim yang adil, tetapi juga sahabat dan saudara yang dirinya telah menderita karena kekurangan saya, dan dengan demikian juga pembela saya, Paraclete saya. Dalam terang jam penghakiman, anugerah menjadi seorang Katolik menjadi semakin jelas bagi saya. Itu memberi saya pengetahuan, dan memang persahabatan, dengan hakim hidup saya, dan dengan demikian memungkinkan saya untuk melewati pintu gelap kematian dengan percaya diri. Dalam hal ini, saya terus-menerus diingatkan tentang apa yang dikatakan Yohanes kepada kita di awal Kiamat: dia melihat Anak Manusia dalam segala keagungannya dan tersungkur di kakinya seolah-olah mati. Namun Dia, meletakkan tangan kanannya di atasnya, berkata kepadanya: “Jangan takut! Aku ini…” (cf. Rev 1:12-17).

Teman-teman terkasih, dengan perasaan ini saya memberkati kalian semua.

Benediktus XVI (*)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: