Lukas Enembe Tak Ditahan KPK, Mahfud MD Jelaskan Alasannya

Lukas Enembe Tak Ditahan KPK, Mahfud MD Jelaskan Alasannya

Polda Papua akan amankan kedatangan jenazah mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe.-Foto/Dok/Andrew Tito-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Gubernur Papua Lukas Enembe tak kunjung ditahan KPK. Padahal status tersangkanya ditetapkan sejak September 2022.

 

Lukas sempat dilindungi pendukung setianya di Papua. Ia berhasil dijemput paksa dan langsung dibawa ke Jakarta pada 10 Januari 2023.

Bentrokan berlanjut di Mako Brimob Papua dan Bandara Sentani. Bahkan satu pendukung Enembe tewas saat bentrok di Bandara.

 

Menkopolhukam Mahfud MD menerangkan alasan Luas Enembe tak kunjung ditahan. Klaim bahwa Enembe sedang sakit membuat penyidik tak bisa segera memprosesnya.

 

Mahfud Md mengatakan kelonggaran bagi orang sakit sudah diatur dalam perundang-undangan RI. Namun klaim itu harus didukung dengan rujukan dari dokter. 

 

"Dalam hukum, orang sakit itu tidak boleh dipaksa untuk diperiksa apalagi ditahan," kata Mahfud,  seperti dikutip dari akun Menko Polhukam RI, pada Rabu 11 Januari 2023.

 


Lukas Enembe digiring di Bandara Sentani untuk diterbangkan ke Jakarta, Selasa 10 Januari 2023. -jpnn.com-

 

Bahkan pemerintah bersedia menjamin segara proses pemulihan tersangka. 

 

"Kami telah koordinasikan KPK akan bertanggungjawab untuk mengawal proses pengobatan Lukas. Bahkan, jika memang diperlukan, pemerintah siap mengizinkan Lukas Enembe berobat di luar negeri dengan pengawasan," kata Mahfud.

 

Selain itu, Mahfud meminta agar masyarakat tidak bereaksi berlebihan.

 

 "Karena, sekali lagi kami tegaskan, ini merupakan bagian dari murni penegakan hukum," ujar dia.

 

Enembe ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan kasus suap dan gratifikasi proyek-proyek Pemprov Papua. Selain Enembe, KPK muga menetapkan Rijanto Lakka sebagai tersangka. 

 

Diduga Rijanto Lukas Enembe memberikan uang sogokan sebesar Rp1 ke Enembe untuk tiga proyek tahun jamak senilai Rp 41 Miliar. 


Mobil Brimob yang membawa Lukas Enembe mencoba menerobos massa untuk menuju ke Bandara Sentani dan terbang ke Jakarta, Selasa 10 Januari 2023.-Tangkapan layar-Instagram/@majeliskopi08

 

Lukas dan sejumlah pejabat Pemprov Papua disebut mendapat komisi 14 persen dari nilai proyek itu. 

 

Setelah pengintaian sejak September 2022, Lukas akhirnya ditangkap di sebuah restoran saat perjalanan menuju Bandara Sentani. Aparat segera membawa Enembe ke Jakarta. Ia tiba di Ibu Kota pada 20.45 WIB.

 

Karena mengaku sakit, Ia langsung dibawa oleh tim KPK ke RSPAD Gatot Soebroto untuk memastikan kondisi kesehatannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: