Bagimu Negeri dari Wihara, Songsong Imlek di Vihara Mahavira Graha

Bagimu Negeri dari Wihara, Songsong Imlek di Vihara Mahavira Graha

LAGU BAGIMU NEGERI melantun di Vihara Mahavira Graha Surabaya. Kor itu dipimpin Pimpinan Vihara Mahavira Graha Pusat, Mahanayaka Chaokun Prajnavira Mahasthavira (memegang mik, kanan). Ia didampingi Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf (memegang mik-Boy Slamet-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Lampion khas Imlek membuat Vihara Mahavira Graha Surabaya menjadi cantik. Rabu malam, 11 Januari 2023, wihara yang terletak di Jalan Pasar Besar itu memang menggelar acara elok: doa keselamatan menyongsong Imlek 2567 BE atau 2023 Masehi.

 

Ratusan orang berkumpul. Menyatukan hati. Memulai acara dengan sikap hormat anjali. Mengatupkan telapak tangan di depan dada kepada Hyang Tri Ratna. Setelah itu, undangan dan umat dengan khusyuk mengikuti kebaktian pada meja masing-masing. 

 

Sejumlah tokoh hadir. Di antaranya, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, founder Harian Disway Dahlan Iskan, dan pengusaha Alim Markus yang menjadi ketua panitia pelaksana.

 

Dalam sambutannya, Alim Markus mengatakan bahwa seluruh hadirin adalah saudaranya. Dengan gaya khas, ia juga berpesan agar warga Surabaya harus cinta produk dalam negeri. ’’Jika ingin kaya, ingin rezeki, maka cintailah produk-produk Indonesia,’’ katanya menyitir jargon iklan Maspion, perusahaan Alim Markus, yang sangat beken itu.

 

Sementara itu, Farid Makruf menyatakan rasa salutnya karena bisa bertemu orang-orang baik. ’’Pak Dahlan akan menjadi mentor saya untuk mengenali Surabaya ini lebih baik,’’ kata jenderal berbintang dua tersebut.


PROSESI YUSHENG pada meja yang diisi oleh Mahanayaka Chaokun Prajnavira Mahasthavira, Mayjen TNI Farid Makruf, Dahlan Iskan, dan Alim Markus.-Boy Slamet-Harian Disway-

 

Suasana persaudaraan itu begitu kental saat undangan menikmati makan malam bersama. Dinner itu dibuka dengan yusheng () yang lekat dengan tradisi Imlek. Inilah salad ikan segar yang dicampur dengan aneka sayur. Sebelum dimakan, salad itu dicampur, diambil dengan sumpit lantas diangkat tinggi-tinggi. Makin tinggi makin membawa rezeki.

 

Acara malam itu ditutup oleh Pimpinan Vihara Mahavira Graha Pusat, Mahanayaka Chaokun Prajnavira Mahasthavira. Ia memimpin para hadirin untuk bersama menyanyikan lagu: Bagimu Negeri. (Eko Setyawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: