Cheng Yu Pilihan Inul Daratista: Bu Shi Shi Ji

Cheng Yu Pilihan Inul Daratista: Bu Shi Shi Ji

Cheng Yu Inul Daratista--

DITANYA apa yang menjadi pedoman hidupnyi, Inul Daratista mantap menjawab, "Saya tidak pernah menyia-nyiakan waktu dan kesempatan yang lewat dalam hidup saya." Persis seperti yang diajarkan pepatah Tiongkok, "不失时机" (bù shī shí jī): jangan sekali-kali menyia-nyiakan waktu. 

Sebab, sebagaimana ditegaskan Yue Fei 岳飞, jenderal besar dinasti Song, dalam syair masyhurnya, Man Jiang Hong (满江红), "莫等闲, 白了少年头, 空悲切" (mò děng xián, bái le shào nián tóu, kōng bēi qiè): jangan sia-siakan masa senggang dan mudamu, menyesal di hari tua hanya akan menyakitkan dan tak ada gunanya.

Inul telah melewati banyak liku-liku kehidupan. Di awal karirnyi sebagai penyanyi profesional, banyak rintangan yang harus dia hadapi. Semua akhirnya bisa dilewati. Kini Inul tidak hanya seorang penyanyi. Dia juga pengusaha yang sukses. Punya bisnis karaoke keluarga dan restoran. Semuanya sukses. 

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Pengurus Forum Beda tapi Mesra Tirto Santoso: Ben Shi Tong Gen Sheng, Xiang Jian He Tai Ji?

"Saya sangat menikmati semua proses hidup saya dengan sangat baik tanpa menolak dan menjadikannya instan," kata Inul. 

Artis dan penyanyi yang baru naik daun harus belajar kepada Inul. Artis asal Pasuruan itu jarang sekali terlihat mengeluh. Suaminyi, Adam Suseno, juga sangat mendukung karir Inul. Keduanya selalu terlihat kompak. Jarang sekali ada gosip yang menerpa pasangan tersebut. "Prinsip saya biarkan mengalir apa adanya," ujar pemilik nama asli Ainur Rokhimah itu. "Karena dalam proses saya menemukan banyak pelajaran dan pengalaman terbaik yang bisa jadi orang lain tidak memiliki apa yang saya alami," sambungnya.

Ada tiga prinsip yang Inul pegang.  Waktu adalah uang. Waktu adalah ibadah. Dan waktu adalah sehat. Bagi Inul, setiap orang memang harus mencari uang untuk bertahan. Tetapi dalam hidup harus berpegang pada iman agar selalu di jalan yang baik. "Lurus selamat di dunia. Saya takut jika melakukan tindakan salah dan naif," ujarnyi.

Inul yang hobi Yoga selalu berusaha menjaga kesehatan. Baginyo, dengan terus sehat, akan kuat menerima tantangan hidup. "Hidup saya kadang seperti roller coaster.  Kadang di bawah, kadang di atas. Mental dan sehat sangat penting untuk menghadapi jungkir balik cobaan hidup," jelasnyi.

Hidup, bagi Inul adalah karunia terindah dari Tuhan. Sebagai manusia diberi kesempatan untuk menikmati indahnya dunia. Kekayaan, bagi Inul. adalah bonus. "Tapi bonus terindah adalah mati tidak sia-sia. Saya mencintai hidup saya dan diri saya. Makanya saya harus hati-hati agar hidup saya baik-baik saja dari lahir sampai waktu mengatakan aku selesai," tuturnyi. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: