Hong Kong-Tiongkok Kembali Nyambung

Hong Kong-Tiongkok Kembali Nyambung

PENUMPANG BERKOSTUM masinis kereta berpose di West Kowloon High-Speed Train Station, Hong Kong, 15 Januari 2023.-Xinhua-

HONG KONG, HARIAN DISWAY - Satu per satu, moda transportasi di Tiongkok mulai komplet setelah sekian lama mandek karena pandemi. Minggu, 15 Januari 2023, kereta cepat yang menghubungkan Tiongkok daratan dan Hong Kong kembali nyambung.

 

’’Ini sungguh membuat kami nyaman. Rasanya bisa kembali dekat dengan rumah,’’ kata Mang Lee, 33, penumpang yang sedang antre di West Kowloon Station, Hong Kong.

 

’’Selama tiga tahun terakhir, rasanya susah banget masuk ke Tiongkok daratan. Saya sudah lama tidak pulang,’’ kata pria asli Guangzhou tersebut.

 

Peningkatan penumpang pun langsung terasa. Terlebih, minggu depan sudah masuk libur Imlek. Diperkirakan, ratusan juta orang akan pulang kampung. Tentu, itu memicu kekhawatiran. Sebab, penularan Covid-19 di Tiongkok sedang tinggi-tingginya. Bulan lalu, diperkirakan 60 ribu orang tewas karena virus korona baru tersebut.

 

Meski begitu, suasana West Kowloon Station tetap mulus. Menurut Cheung Chi-keung, kepala operasi MTR Corp, pengelola angkutan lintas batas tersebut, hingga pukul 10.00 sudah ada 1.400 penumpang yang mereka layani. Tiket hari minggu pun habis.

 

Pembukaan kembali jalur kereta cepat itu memang masih untuk jarak pendek. Kepala MTR Rex Auyeung belum bisa memastikan kapan jalur panjang itu akan dibuka.

 

Tanda-tanda kebangkitan transportasi itu juga tampak pada Sabtu, 14 Januari 2023. Makau didatangi oleh 55 ribu orang. Menurut pemerintah setempat, itu adalah kedatangan harian tertinggi sejak pandemi.

 

Sebanyak 44.025 orang datang dari Tiongkok daratan. Sedangkan 10 ribu sisanya dari Hong Kong. Artinya, kebangkitan ekonomi pun sudah mulai tampak. Sebelumnya, Makau terhuyung-huyung. Ekonomi mereka disokong oleh bisnis pariwisata. Juga perjudian. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: