Cabor Futsal Gelar Kualifikasi Porprov pada Mei 2023

Cabor Futsal Gelar Kualifikasi Porprov pada Mei 2023

Tim futsal putra Kota Surabaya berhasil merebut medali emas di Porprov VII 2022-Humas KONI Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII dilaksanakan tahun ini. Berlangsung di empat daerah, yakni Sidoarjo, Jombang, serta Kota dan Kabupaten Mojokerto. Sebelum bertarung di multievent terbesar di Jawa Timur (Jatim) itu, sejumlah cabang olahraga mulai bersiap untuk menggelar babak kualifikasi. Salah satunya futsal. Babak kualifikasi akan dilangsungkan Mei nanti.

Surat pemberitahuan tentang babak kualfikasi Porprov cabang olahraga futsal sudah dilayangkan ke masing-masing kota dan kabupaten pada Selasa (25/1). Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa babak kualifikasi nanti akan menggunakan sistem home tournament dengan format setengah kompetisi.

Masing-masing daerah dipersilahkan untuk mendaftarkan minimal 12 pemain dan maksimal 18 pemain. Serta lima ofisial. Batasan usia diberlakukan di kualifikasi Porprov VIII 2023. Untuk kategori putra, pemain yang didaftarkan maksimal kelahiran 1 Januari 2005. Sedangkan di sektor putri, batas pemain yang terdaftar maksimal kelahiran 1 Januari 2000.

"Pemain yang didaftarkan harus berstatus amatir, belum pernah bermain di liga profesional atau memperkuat tim nasional. Pemain Puslatda juga tidak boleh didaftarkan. Selain itu, pemain tersebut harus berdomisili di Jawa Timur," tegas Munir Khan, Technical Delegate (TD) cabang olahraga futsal di Porprov VIII 2023.

Masing-masing tim yang bersaing di babak kualifikasi akan memperebutkan sebelas slot untuk kategori putra. Mereka yang melaju ke babak utama itu, akan bertarung melawan keempat tuan rumah, yakni Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto. Serta juara bertahan Kota Surabaya.

Sedangkan untuk kategori putri, slot yang akan diperebutkan di babak kualifikasi adalah tujuh tim. Srikandi Kota Malang sebagai juara bertahan, serta keempat tuan rumah dipastikan lolos otomatis ke babak utamma Porprov VIII 2023.

"Bilamana ada tim tuan rumah tidak mengirimkan wakilnya, maka kuota peserta yang lolos dari babak kalifikasi akan ditambah," imbuh pria asal Gresik itu.

Sementara itu, Munir juga membuka kesempatan seluas-luasnya kepada kota dan kabupaten yang ingin menjadi tuan rumah babak kualifikasi Porprov VIII 2023. Pendaftaran calon tuan rumah dibuka sepanjang Februari. Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan. Selain mengantongi rekomendasi dari KONI setempat, juga harus menyediakan lapangan yang standar.

"Kami persilahkan daerah yang ingin mendaftar sebagai tuan rumah. Jangan lupa-lupa syaratnya utama harus dilengkapi. Nanti pembagian grup akan diumumkan setelah tuan rumah kualfiikasi Porprov diumumkan," tutur Munir. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: