Pimpinan DPRD Jatim: Digeledah Sudah, Diperiksa Sudah, Lalu...

Pimpinan DPRD Jatim: Digeledah Sudah, Diperiksa Sudah, Lalu...

KETUA DPRD Jatim Kusnadi meninggalkan gedung BPKP Perwakilan Jatim setelah diperiksa KPK selama 9,5 jam. -FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ketua DPRD Jatim Kusnadi tetap bisa tersenyum setelah 9,5 jam menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK di kantor perwakilan BPKP Jatim di Surabaya, Rabu, 25 Januari 2023. Hanya senyum penuh makna itulah yang diberikan politikus senior PDIP tersebut kepada wartawan yang menunggunya sejak pagi. Ia tak memberikan keterangan apapun.

BACA JUGA:KPK Geledah Kediaman Anggota dan Pimpinan DPRD Jatim, Kasus Sahat Merembet ke Mana-Mana

Beberapa hari terakhir KPK "mengganggu" ketenangan Kusnadi. Sebelumnya, rumah pribadi Kusnadi di Lamongan digeledah penyidik KPK. Ketua DPD PDIP Jatim itu tidak mengalami sendirian. Pimpinan DPRD Jatim lainnya kompak. Tiga wakil ketua DPRD lainnya: Anik Maslachah (PKB), Anwar Sadad (Gerindra), dan Achmad Iskandar (Demokrat) juga mengalami hal yang kurang lebih sama. Kemarin sama-sama diperiksa KPK.

Itu semua terkait dengan kasus korupsi dana hibah yang melibatkan Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak. Sahat sudah menjadi tersangka dan ditahan di rutan KPK di Jakarta. Pimpinan DPRD Jatim lainnya masih berstatus sebagai saksi.

Dua hari terakhir penyidik KPK memeriksa sejumlah saksi secara maraton. Ada 27 saksi yang sudah diperiksa. Hari kedua kemarin 17 saksi yang dipanggil. "Hari ini (kemarin, Red) pemeriksaan saksi dugaan tindak pidana korupsi suap dalam pengelolaan dana hibah provinsi Jawa Timur, untuk tersangka STPS," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Rabu, 25 Januari 2023. (*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: