Indonesia Masters 2023: Marcus Cedera, The Minions Terhenti

Indonesia Masters 2023:  Marcus Cedera, The Minions Terhenti

MARCUS Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mundur di babak kedua Indonesia Masters 2023 setelah Marcus mengalami cedera otot perut pada Kamis (26/1).-PBSI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Perjalanan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di Indonesia Masters 2023 terpaksa terhenti. Dalam babak kedua pada Kamis (26/1), Marcus mengalami cedera. The Minions –julukan Marcus/Kevin– akhirnya kalah 21-19, 8-21, 6-11 saat pertandingan sudah berjalan selama 51 menit melawan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

Dari keterangan resmi PBSI seusai pertandingan, Marcus mengalami cedera otot perut. Marcus mulai merasakan sakit saat gim pertama setelah poin ke-15. ”Setelah beberapa kali smes, saya paksakan. Lawan juga mainnya ngangkat terus dan smes harus pakai power. Jadi susah. Kalau defense tidak bisa mati, jadi tidak bisa dapat poin,” ungkap Marcus.

Marcus menambahkan, cedera serupa pernah terjadi saat tampil di tiga turnamen di Indonesia Badminton Festival 2021 di Bali. Belum ada keterangan pasti mengenai cedera tersebut. Sebab, PBSI akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

”Saya pikir kalau dipaksa malah tambah parah. Takutnya sobek (ototnya). Nanti bisa keluar darah seperti pernah di Bali pas di USG, perutnya keluar darah. Sekarang ya ini masih babak 16 besar. Percuma juga dipaksa. Kalau menang saja belum tentu selanjutnya bisa main,” lanjut Marcus.

Pelatih Herry Iman Pierngadi mengungkapkan, pihaknya belum mengetahui secara pasti cedera yang dialami Marcus. Anak asuhnya itu baru mengatakan ada rasa sakit saat gim kedua. Herry I.P. berusaha meyakinkan Marcus untuk tidak langsung menyerah.

”Ternyata kalau dilihat kasatmata dari posisi saya, pergerakannya (Marcus) sudah lambat. Jadi, menurut saya konsentrasinya sudah terganggu. Saya bilang menyerah saja dan tidak lanjut. Terus, ia bilang coba dua-tiga pukulan dan 11 poin saja break,” kata pelatih berjuluk Naga Api itu.

Herry berharap agar Marcus bisa menjalani pemulihan dengan baik. Dengan begitu, The Minions bisa kembali ke performa terbaiknya. Sempat lima tahun menjadi nomor satu dunia, kini Marcus/Kevin anjlok ke pringkat ke-18.

Dari tiga turnamen sepanjang 2023, capaian terbaik Marcus/Kevin adalah perempat final India Open 2023. Sepanjang 2022 mereka paling baik menjadi finalis Denmark Open 2022. The Minions kali terakhir menjadi juara pada Indonesia Open 2021. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: