Rabu Pon Ternyata Weton Jokowi

Rabu Pon Ternyata Weton Jokowi

Presiden Jokowi saat menghadiri ulang tahun ke-8 PSI.-FOTO: RUSMAN-SETPRES-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Beredar isu Presiden Jokowi akan mengumumkan reshuffle kabinet pada Rabu Pon, 1 Februari 2023. Saat hal itu ditanyakan kepada Jokowi, ia hanya tertawa. "Tunggu saja," jawab Jokowi.

Tanda-tanda reshuffle itu dikaitkan dengan adanya pertemuan Jokowi dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh beberapa waktu lalu. Juga tidak diundangnya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat ratas pembahasan soal beras. 

Hingga Rabu siang, 1 Februari 2023, belum ada tanda-tanda presiden akan mengumumkan reshuffle. Agenda Jokowi sore ini melakukan kunjungan kerja ke Bali. Itu berdasarkan penjelasan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

Desakan reshuffle menguat dari PDIP. Partai pemenang pemilu itu meminta Jokowi mengganti semua menteri dari Partai Nasdem. Sebab, Nasdem mencalonkan Anies Baswedan sebagai calon presiden. Pencalonan itu dianggap sebagai bentuk tidak loyalnya Nasdem kepada koalisi pemerintah. 

Bicara soal Rabu Pon, ternyata itu adalah weton atau hari kelahiran Presiden Jokowi. Jokowi lahir pada 21 Juni 1961. Berdasarkan almanak ki-demang, 21 Juni 1961 itu adalah hari Rabu dengan pasaran Pon. Artinya weton Jokowi adalah Rabu Pon. Biasanya orang Jawa mencari hari baik dengan mempertimbangkan weton. Sehingga wajar bila Jokowi sebagai orang Jawa memilih Rabu Pon untuk mengumumkan perombakan kabinet.

Dalam almanak itu dituliskan, watak orang yang lahir Rabu biasanya pendiam, pemomong, dan penyabar. Sedangkan yang lahir dengan pasaran Pon biasanya apa yang disampaikan banyak diterima orang. Juga tidak mau memakan yang bukan kepunyaannya. Rezekinya juga cukup. Tapi orang yang lahir Pon suka marah kepada keluarganya. 

Lalu berdasarkan padangon (siklus 9 harian), Rabu Pon itu masuk ke siklus tulus. Wataknya seperti air yakni tekun, dermawan, dikagumi, dan lemah lembut. Lalu dari sisi paarasan atau penggolongan sifat, orang yang lahir Rabu Pon sifatnya seperti lakuning rembulan yakni memesona dan membuat tenteram hati orang.

Siapa yang wetonnya Rabu Pon? (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: