Cap Go Meh Kembali Meriah

Cap Go Meh Kembali Meriah

SEORANG TATUNG berjalan meninggalkan kelenteng sebelum mengikuti arak-arakan dalam rangka Cap Go Meh di Jakarta, 5 Februari 2023.-ADEK BERRY-AFP-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kawasan pecinan Glodok, Jakarta Barat, menjadi gegap gempita. Puluhan joli (tandu) berarak dari Jalan Kemenangan III menuju Jalan Pancoran. Tarian naga (biasa disebut liang-liong) menampilkan aksi terbaik. Warga yang menyemut di tepi jalan tak kalah antusias. Mereka bersorak dan memberikan aplaus.

 

Itulah petikan Perayaan Jakarta Cap Go Meh 2023, Minggu, 5 Februari 2023. Cap Go Meh memang digelar pada hari kelima belas setelah Imlek. Pada momen itu, berbagai kemeriahan digelar. Sebagai ucapan syukur karena telah memasuki musim semi. Meninggalkan musim dingin yang beku.

 

Salah satu simbol perayaan itu adalah kirab Toa Pe Kong. Ini momen ketika patung di dalam kelenteng diarak ke jalan. Untuk memanggil para dewa kembali bersemayam di dalamnya.

 

Kemeriahan itu patut dimaklumi. Sudah dua tahun tidak ada acara seperti itu. Dan kemeriahan itu pula yang terasa di Singkawang, Kalimantan Barat.

PESERTA PAWAI Cap Go Meh berpakaian seragam saat mengikuti parade di Singkawang, Kalimantan Barat.-CHAIDEER MAHYUDDIN-AFP-

 

Tradisi Cap Go Meh kembali dirayakan besar-besaran. Umat melakukan pawai di jalan. Mereka memanggul patung dewa-dewa. Juga para tatung, orang yang dipercaya dirasuki roh leluhur atau dewa. Tatung ini menunjukkan kedigdayaan sepanjang jalan. Tubuh dan wajah mereka ditusuk dengan aneka benda tajam.

 

Meski tampak mengerikan, tetapi itu menjadi khazanah budaya yang dinanti-nantikan warga di sana… (Doan Widhiandono)


WARGA DAN PESERTA pawai Cap Go Meh berbincang di salah satu ruas jalan di Singkawan, Kalimantan Barat.-CHAIDEER MAHYUDDIN-AFP-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: