Sejarah Baru! Soundtrack Game Assassin’s Creed Raih Grammy

Sejarah Baru! Soundtrack Game Assassin’s Creed Raih Grammy

Stephanie Economou membawa penghargaan Grammy yang diperolehnya.-ALBERTO E. RODRIGUEZ-GETTY IMAGES VIA AFP-

LOS ANGELES-HARIAN DISWAY – Komposer  Sthepanie Economou mengukir sejarah. Dia adalah orang pertama yang memenangi Grammy Award kategori musik video game. Penghargaan itu diterima pada Minggu malam, 5 Februari 2023 waktu AS di Crypto.Com Arena, Los Angeles, California.

 

Economou menang berkat karyanya pada game Assassin’s Creed Valhalla: Dawn of Ragnarok. Dan sebelumnya belum pernah ada Grammy Award pada kategori soundtrack game. Artinya, ada pengakuan bahwa game dan musiknya bisa memengaruhi budaya pop.

 

Dalam pidato kemenangannya, Economou berterima kasih kepada industri rekaman. Mereka mau mendorong dan meyakinkan Economou untuk memasukkan soundtrack Assassin’s Creed ke dalam Grammy Awards 2023.

 

Tentu, Economou tak pernah membayangkan bisa menang. Sebab, dia merupakan orang baru dalam industri video musik dan soundtrack. Menurutnya, masih banyak orang yang lebih lama berkecimpung di bisnis musik. Mereka, bisa jadi lebih pantas menerima penghargaan.

 

"Pada awalnya saya tidak mengharapkan penghargaan in. Saya sadar, saya merupakan orang awam di ruang musik video game,’’ ucapnya.

 

Sejatinya, saingan Economou pada kategori itu cukup berat. Misalnya, komposisi Aliens: Fireteam Elite, Call of Duty: Vanguard, dan Old World. Dan Economou adalah satu-satunya perempuan pada kategori itu. ’’Ini modal bagi saya dan perempuan lain. Saya berharap, tidak hanya ada satu perempuan pada kategori ini setiap tahun,’’ ucap Economou.

 

Tampilan gambar video game Assassin's Creed: Valhalla-PLAYSTATION-

 

Sebelumnya, kategori video musik game dimasukkan sebagai Score Soundtrack for Visual Media. Artinya, karya-karyanya dijadikan satu dengan soundtrack untuk film dan televisi.

 

Saat ini, industri game memang meningkat pesat. Menurut survei dari Deloitte dan Global Games Market Report di AS, Brazil, Jerman, dan Inggris, video game merupakan sumber hiburan teratas untuk generasi Z.

 

Banyak gamer muda menganggap musik sebagai bagian integral dari pengalaman bermain. Sepertiga responden mengatakan bahwa mereka mencari musik game online setelah bermain. Lalu, 29 persen lainnya mengaku menemukan musik-musik baru saat bermain game.

 

“Banyak dari mereka tidak dapat memisahkan musik dari sebuah game. Dan itu kesempatan menarik bagi setiap komposer,’’ ujar Economou. (Candraditya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: