Kirab Kebangsaan Peringati Satu Abad NU

Kirab Kebangsaan Peringati Satu Abad NU

KONVOI kader Partai Kebangkitan Bangsa memperingati satu abad NU. - Humas DPW PKB Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- CUACA siang kemarin, 6 Februari 2023, tidak terlalu panas. Sangat mendukung agenda Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim yang menggelar kirab kebangsaan. Itu dilakukan untuk memperingati hari lahir (harlah) Nahdhatul Ulama (NU).

Ratusan orang sudah memenuhi Graha Gus Dur Surabaya, sebutan sekretariat DPW PKB Jatim. Mereka semua kompak mengenakan kaus putih. Di depan kaus itu bertulisan ”Aku NU, Aku PKB. #satuabadNU”.

Mereka semua mengendarai sepeda motor. Sebagian besar berboncengan. Orang di bagian belakang memegang bendera kebanggaan NU dan PKB. Kirab itu dimulai dari Graha Gus Dur, Monumen Jayandaru, dan berakhir di Alun-Alun Sidoarjo.

Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar mengucapkan rasa syukur lantaran NU telah masuk usia ke-100. Ia mendoakan puncak resepsi satu abad NU hari ini akan berjalan lancar. Ia juga mendoakan seluruh warga NU yang mengikuti resepsi seabad NU agar tidak ada gangguan.

”Jadi, rangkaiannya banyak. Selain DPW PKB Jatim, DPC, PAC se-Jatim semua melakukan kegiatan bergembira. Bersyukur bahwa NU masuk usia satu abad,” kata Halim saat ditemui di Alun-Alun Sidoarjo. 

Politikus yang akrab disapa Gus Halim itu mengatakan, PKB sebagai bagian dari NU akan melayani warga NU alam setiap aspek kehidupan. Termasuk aktif memberikan pelayanan penuh saat acara resepsi satu abad NU. 

”Sekarang waktunya PKB untuk bergerak semaksimal mungkin, melayani warga NU dan seluruh warga umat manusia. PKB bagian dari NU, tentu tugasnya melalui jalur politik melakukan tugas jam’iyah NU,” tegasnya. 

Menteri desa, pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi (Mendes PDTT) itu menambahkan, tidak perlu perdebatan mengenai PKB adalah anak dari NU. Sebab, secara historis dan kelengkapan berkas, PKB memang dilahirkan NU. 

”Semua dokumen ada. Surat-surat resmi PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) juga ada. Ditandatangani ketua umum PBNU dan rais am PBNU,” jelasnya.

Dalam kirab kebangsaan itu, para pengurus dan anggota DPW PKB Jatim memberikan santunan kepada anak yatim, para driver ojek online perempuan, dan penyandang disabilitas. 

Hari ini, 7 Februari 2023, DPW PKB Jatim juga membuka beberapa stan. Stan itu akan membagikan makanan dan minuman secara gratis kepada warga nahdliyin yang mengikuti resepsi seabad harlah NU di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Nantinya stan didirikan di lima titik di sekitar stadion tersebut.

”Kami ingin warga NU bisa menikmati rangkaian resepsi yang dilakukan nanti. Karena acara ini akan dilaksanakan 24 jam nonstop,” ucapnya. (*)

 

Sumber: