Finalis Puteri Indonesia Jawa Timur 2023 Miftachul Chusna: Sarjana Pertanian yang Hobi Memasak

Finalis Puteri Indonesia Jawa Timur 2023 Miftachul Chusna: Sarjana Pertanian yang Hobi Memasak

Miftachul Chusna Finalis Puteri Indonesia Jawa Timur 2023-Instagram @jebemc-@jebemc

Tahun ini kontes Puteri Indonesia Jawa Timur kembali hadir. Banyak wajah baru yang siap bersaing. Tak hanya berparas cantik tapi juga pintar. Perjuangan mereka sampai di titik ini pastinya tidak mudah. Seperti halnya Miftachul Chusna, salah seorang finalis. 

Untuk berani maju ke ajang Puteri Indonesia Jawa Timur, Mitha -panggilannya- membawa banyak pengalaman dari berbagai kompetisi. Di antaranya mengikuti duta wisata Raka Raki Jawa Timur 2022. Namun, ada yang membuatnya dia bangga yakni program yang dia jalankan bertajuk Berbagi Cerita.

Menurut perempuan asal Tulungagung itu, Berbagi Cerita fokus mengembangkan cerita rakyat. Sosialisasi program itu ke beberapa SD dilakukannya bersama tim. Dia mau generasi muda lebih mengenal cerita rakyat yang ada di Jawa Timur dan tidak melupakan warisan budaya. "Itu memang sulit. Tapi tidak, jika dilakukan bersama dengan tujuan yang akan dinikmati banyak orang di masa depan," katanya.


Miftachul Chusna saat melakukan sosialisasi program Berbagi Cerita kepada anak-anak sekolah-Miftachul Chusna-

Meskipun mengikuti ajang keputrian, tapi Mitha sebenarnya berkarakter tomboi. Namun, itu justru punya nilai lebih. Tomboi membuatnya merasa punya keuntungan. "Banyak yang mengatakan tomboi itu lebih cak-cek, gercep, lebih berani, dan tegas dalam melakukan segala sesuatu atau berpikir. Itu benar,” ujar Mitha dengan penuh semangat.

Selain itu tomboi membuatnya menjadi orang yang fleksibel dengan siapa pun dan bisa ditempatkan di mana pun. Jiwa yang suka tantangan dalam dirinya pun menjadi pelengkap dirinya. "Karena dengan kepribadian tomboi itu maka aku dapat lebih mudah mendapat hal baru dan pengalaman baru," tegasnya.

Beruntung, sarjana Sarjana Pertanian dari Jurusan Agribisnis Universitas Brawijaya itu mendapatkan dukungan yang besar dari keluarga yang berlatar belakang sebagai pebisnis. Tradisi keluarga itu dia lanjutkan meskipun dengan jalan yang berbeda. Yakni di bidang pertanian. 

Menurut gadis 23 tahun itu, agribisnis tak hanya mempelajari pertanian. Melainkan juga belajar secara luas mengenai bisnis, komunikasi, sosiologi, dan lain-lain. "Ketertarikan saya pada dunia pertanian karena pengaruh nenek. Saat memilih jurusan saya mantap ambil pertanian dan berniat mengembangkan bisnis keluarga dari bidang itu," tuturnya.


Miftachul Chusna saat lulus dari Fakultas Pertanian Jurusan Agribisnis Universitas Brawijaya-Instagram-@jebemc

Selain meng-handle bisnis keluarga dan sibuk menjadi model freelance, Mitha tetap bisa menjalankan hobinya memasak. Bahkan meskipun ingin mengejar mimpi-mimpinya, dia tak ingin melupakan hobinya itu. Bahkan sambil terus aktif dalam kegiatan produktif yang lain.

Ada kalimat andalannya dalam memacu semangatnya;“to infinity and beyond”. Itulah yang membuatnya terus maju hingga tahu siapakah juara diumumkannya pada 10 Februari 2023 mendatang di akun Instagram  @putreriiindonseniajatim. (Putri Oktavianus Loeran)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: