Jokowi Minta OJK Dukung Hilirisasi Kelautan

 Jokowi Minta OJK Dukung Hilirisasi Kelautan

Presiden Jokowi pidato di acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) Tahun 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin, 6 Februari 2023-Setpres Lukas-

JAKARTA, HARIAN DISWAY- INDONESIA makin fokus pada program hilirisasi. Tak berhenti pada kekayaan mineral saja. Tetapi, juga pada kekayaan laut. 

”Karena hilirisasi merupakan kunci agar Indonesia bisa melompat menjadi negara maju,” kata Presiden Joko Widodo saat menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) Tahun 2023 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin, 6 Februari 2023.

Untuk itu, hilirisasi juga harus didukung semua pihak. Sebelumnya, Jokowi berpesan kepada para bankir. Mereka diminta Jokowi untuk mempermudah kredit bagi siapa saja yang punya andil membangun hilirisasi.

Kini giliran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dimintai dukungan. Bahkan, lebih spesifik, Jokowi ingin OJK membantu hilirisasi khusus hasil kelautan.

”Saya minta betul-betul yang konkret, karena masih saya dengar yang mau bikin smelter saja kesulitan mencari pendanaan,” lanjutnya. Dukungan itu harus diberikan secara maksimal. Namun, tetap dengan kalkulasi dan kehati-hatian yang tinggi. 

Hilirisasi itu digadang-gadang mampu mengentaskan Indonesia dari jebakan negara berpendapatan menengah. Hilirisasi harus dilakukan dalam berbagai sektor. Mulai sektor pertambangan minerba, minyak sawit mentah (CPO), hingga sumber daya alam laut. Semuanya berpotensi memberikan nilai tambah ekspor yang signifikan. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: