Sepuluh Manfaat Berenang Bagi Kesehatan

Sepuluh Manfaat Berenang Bagi Kesehatan

-Alodokter -Alodokter

Apa Anda termasuk orang yang hobi berenang?Atau malah tidak bisa berenang? Tahukah anda bahwa berenang memiliki segudang manfaat.

 

Selain menyenangkan, berenang memiliki manfaat kesehatan yang tak terduga. Berikut 10 manfaatnya:

 

1. Penurunan berat badan 

Siapa bilang berenang tidak bisa berkeringat? Saat Anda berenang, Anda menggerakkan setiap otot di tubuh Anda. Jadi berenang selama satu jam bisa membakar sekitar 500 kalori.  

 

2. Terapi penerita asma 

Berenang dapat membantu penderita asma. Anda jarang merasakannya, tetapi berenang dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan mengontrol pernapasan.

 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Indian Journal of Physiology and Pharmacology menemukan bahwa, dibandingkan dengan pelari, perenang mengeluarkan lebih banyak udara masuk dan keluar dari paru-paru mereka saat mereka bersantai untuk bernapas. 

 

3. Menambah tinggi badan 

Berenang dikatakan dapat menambah tinggi badan. Itu benar. Berenang dapat menambah tinggi badan karena renang sangat bermanfaat untuk pembentukan otot dan pertumbuhan tulang.

 

4. Mencerdaskan otak

Membantu mengurangi peradangan dan resistensi insulin di otak. Selain itu, ini mendorong pertumbuhan sel-sel otak baru. Inilah mengapa berenang dapat membantu melatih otak. Gerakan repetisi seluruh tubuh juga meningkatkan koordinasi motorik anda.

 

5. Mengatasi kolesterol 

Penderita kolesterol tinggi dapat berlatih renang sebagai olahraga rutin. Pasalnya, berenang bisa menyeimbangkan kadar kolesterol. Berenang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 

 

6. Mengatasi gula darah 

Renang dapat mencegah gula darah tinggi atau diabetes. Berenang dapat membantu Anda membakar kalori dan menurunkan berat badan. Dengan itu, gula darah bisa dikalahkan. 

 

7. Memperbaiki kualitas tidur 

Berenang dapat meningkatkan kualitas tidur. Orang dengan insomnia bakal tidur lebih nyenyak ketika membiasakan diri untuk berenang.

 

8. Mengatasi nyeri sendi

Saat berenang, semua otot seluruh tubuh bergerak. Ini baik untuk orang dengan nyeri sendi atau radang sendi. Satu studi menemukan bahwa berenang adalah bentuk olahraga yang paling aman dan paling efektif untuk meredakan nyeri punggung kronis.

 

 

9. Melatih kesehatan jantung

Berenang telah lama diyakini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Latihan fisik berupa renang melibatkan seluruh otot, yang merangsang kerja jantung untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. 

 

Ini juga menciptakan efek domino seperti: 

 

 • Membentuk pembuluh darah baru 

 

 • Mempromosikan pelepasan endorfin 

 

 

Selain itu, American Heart Association merekomendasikan aktivitas fisik intensitas sedang dua setengah jam per minggu. 

 

 

10. Mendukung Kehamilan Sehat 

Selama kehamilan, ibu hamil tetap perlu berolahraga untuk menjaga kehamilan yang sehat dan kuat. Salah satu olahraga yang dianjurkan adalah berenang. 

 

Jika dilakukan dengan benar, Anda akan dapat merasakan manfaat berenang yang maksimal selama kehamilan. 

 

Merujuk pada Children's Center, senam aerobik seperti berenang tidak hanya bermanfaat bagi ibu, tetapi juga bagi janin. Benang manusia dapat membuat tubuh lentur dan mengobati penyakit yang terjadi selama kehamilan. (Vania Putri Wikitasari)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: