MusicLM: Menyulap Teks menjadi Musik dengan Teknologi AI Google

MusicLM: Menyulap Teks menjadi Musik dengan Teknologi AI Google

Ilustrasi tampilan program pengolah musik-pixabay-pexels.com

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Jajaran peneliti di Google tengah mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dapat mengubah teks menjadi musik

Setelah ramai dengan bagaimana teknologi kecerdasan buatan menghasilkan karya seni hanya bermodalkan teks, kini perusahaan teknologi yang bertempat di California, Amerika Serikat itu tengah mengembangkan teknologi AI buatan di bidang musik.

Melansir laman The Verge, model AI yang tengah dikembangkan oleh raksasa perusahaan teknologi itu disebut MusicLM

Cara kerjanya dengan mengubah teks yang diinput ke dalam program menjadi sebuah lagu dengan durasi yang cukup panjang. Tidak menutup kemungkinan, MusicLM juga bisa mengubah suara siulan menjadi instrumen lagu.

Kendati belum bisa diakses dan digunakan oleh khalayak terbuka, Google telah mengunggah sejumlah sampel musik yang dihasilkan oleh MusicLM.


MusicLM buatan Google.-Google-

BACA JUGA:Belanja Boros Chelsea dan Nasib Aubameyang

BACA JUGA: Nakhlaq Vadaq Cetak Sejarah di Puteri Indonesia Jatim 2023, Finalis Berjilbab Pertama yang Masuk Tiga Besar

Anda bisa mengakses contoh-contoh musik yang dihasilkan oleh MusicLM lewat situs Link MusicLM

Hasilnya cukup mengesankan. Dari teks dengan paragraf panjang dapat menghasilkan cuplikan lagu sepanjang 30 detik mirip seperti musik yang dihasilkan secara manual.

Anda bisa membuat musik jazz hingga metal hanya dengan memberi deskripsi lengkap seperti apa musik yang ingin Anda buat.

Teknologi yang dimiliki MusicLM bahkan dapat meniru suara vokal manusia. Kendati demikian, masih ada ciri khas yang tidak bisa ditiru oleh mesin otomasi menyangkut kualitas dan tekstur suara manusia sungguhan.

BACA JUGA:Endemi, Vaksin Covid-19 Rp 100 Ribu

BACA JUGA:69 Juta Penduduk Ditarget Pakai KTP Digital

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: