Berapa Besar Kecepatan Internet yang Diperlukan untuk Streaming?

Berapa Besar Kecepatan Internet yang Diperlukan untuk Streaming?

Cara Download Video di Internet-Kaufdex-Pixabay

Di Indonesia, dengan kecepatan internet yang semakin baik, banyak pengguna memanfaatkan hal ini untuk melakukan streaming, entah apakah itu acara TV, film, musik, atau bahkan video game. Ya, mereka menikmati berbagai jenis hiburan ini secara streaming yang didukung oleh kecepatan internet yang mumpuni.

Nah, untuk mendukung kegiatan streaming Anda di rumah, ada baiknya Anda menguji  kecepatan internet Anda dengan menggunakan sebuah tool online yaitu Uji Kecepatan Internet yang dapat digunakan secara mudah, gratis dan cepat. Jika ternyata kecepatan internet Anda dianggap masih kurang mendukung untuk aktifitas streaming Anda, maka mulai sekarang Anda bisa beralih ke layanan internet yang disediakan perusahaan operator XL Axiata

Lalu apa itu Streaming?

Streaming secara mudah bisa dikatakan sebagai penggunaan internet untuk menonton, mendengar, atau memainkan konten pada perangkat. Dengan layanan streaming ini, Anda dapat memiliki akses untuk menikmati berbagai konten sesuai dengan keinginan Anda. 

Dan untuk melakukan streaming, Anda tentu membutuhkan perangkat yang terhubung ke internet, seperti TV, ponsel pintar, tablet dan akses ke platform atau app streaming. 

Secara umum, streaming akan memerlukan besaran bandwidth tertentu dari koneksi internet Anda dan kecepatan tertentu untuk mendukung kualitas konten. Aktivitas tertentu seperti mendengarkan musik tanpa video atau menonton video dengan definisi standar memerlukan bandwidth yang lebih sedikit dibandingkan menonton film beresolusi tinggi misalnya. 

Kecepatan Internet yang Diperlukan untuk Streaming

Seperti sudah dijelaskan di atas, kecepatan internet yang diperlukan untuk streaming tergantung pada platform streaming, jenis konten, dan kualitas konten streaming Anda. Berikut ini persyaratan kecepatan internet yang digunakan oleh beberapa platform streaming konten populer:

  1. Spotify

Salah satu platform populer di Indonesia untuk streaming adalah Spotify. Ya, platform ini menawarkan streaming musik dan video klipnya, dimana keduanya memiliki persyaratan kecepatan internet yang berbeda-beda. Misalnya saja, untuk streaming musik yang standar, maka Anda akan memerlukan sedikitnya 384 kbps atau lebih dari 0,33 Mbps. 

Sementara itu untuk streaming video pada platform tersebut, maka Anda akan membutuhkan antara 0,5 dan 1Mbps untuk definisi standard an antara 3 dan 5 untuk streaming definisi tinggi (HD).

  1. Youtube

Di platform Youtube, maka untuk streaming video yang dasar, Anda hanya perlu koneksi internet dengan kecepatan 0,5 Mbps. Bagaimanapun juga, untuk melakukan streaming film dan acara TV di Youtube, Anda akan memerlukan kecepatan yang berbeda tergantung dengan resolusi video yang Anda inginkan. Misalnya untuk definisi standar, Anda akan memerlukan kecepatan internet antara 0,7 dan 1,1 Mbps, dimana Anda akan memerlukan antara 2,5 dan 5 Mbps untuk HD, dan untuk streaming kualitas 4K. Di sini Youtube sendiri menyarankan kecepatan internet sedikitnya 2 Mbps. 

Untuk menonton live streaming, kecepatan yang lebih tinggi tentu disarankan, namun kualitas akan secara otomatis disesuaikan sesuai dengan bandwidth yang tersedia.\

  1. Netflix

Netflix menyarankan kecepatan download yang berbeda-beda tergantung pada kualitas konten. Untuk kualitas definisi standar, 1 Mbps akan dirasa cukup baik, namun Netflix mencatat bahwa koneksi yang lebih cepat akan berarti kualitas video yang lebih baik. Misalnya saja streaming film Netflix dengan definisi tinggi, memerlukan antara 3 hingga 5 Mbps, sementara film dengan kualitas UHD atau 4K, memerlukan sedikitnya 15Mbps.

  1. Amazon Prime

Platform Amazon Prime menyarankan kecepatan download sedikitnya 1 Mbps untuk streaming, yang akan berhasil untuk konten definisi standar. Sementara itu untuk konten definisi tinggi (HD), Anda mungkin saja membutuhkan kecepatan internet hingga 5 Mbps, dan konten berkualitas 4K sedikitnya 15 Mbps. Amazon Prime juga dilaporkan akan menyesuaikan kualitas video secara otomatis berdasarkan atas bandwidth yang Anda miliki saat itu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: